COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Dampak Positif COVID-19

COVID-19, Tidak Selamanya Buruk!

dr. Roberta Charles

Sejak pertengahan Februari 2020, Indonesia dihadapkan dengan wabah virus COVID-19. COVID-19 merupakan bagian dari coronavirus yang pertama kali ditemukan di Wuhan pada penghujung tahun 2019 yang lalu. Tidak sedikit warga Indonesia yang menjadi korbannya sampai hari ini. Tenaga medis maupun non tenaga medis waspada menghadapi keadaan ini. Waspada? Tidak hanya waspada tetapi justru ketakutan dalam menjalani hari-harinya. 

Berita mengenai wabah ini terus muncul di semua media termasuk media sosial. Jumlah yang sembuh ataupun yang meninggal terus di update. Semua warga di Indonesia bisa mengaksesnya tanpa terkecuali. 

Namun, pemberitaan tersebut semakin membuat warga cemas akan apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi ke depannya. Tidak ada yang bisa melihat sisi positif dari kejadian ini sehingga stresspun terjadi. 

Stress adalah suatu kondisi dinamik yang di dalamnya seorang individu dikonfrontasikan dengan suatu peluang, kendala (konstraints), atau tuntutan (demands) yang dikaitkan dengan apa yang sangat diinginkannya dan yang hasilnya dipersepsikan sebagai tidak pasti dan penting. 

Gejala stress secara Psikologis

1. Kecemasan, ketegangan dan kebingungan 

2. Mudah tersinggung, sensitive, dan hyperreactivity 

3. Komunikasi yang tidak efektif 

4. Kebosanan 

5. Kehilangan konsentrasi, spontanitas dan kreativitas 

6. Menurunnnya rasa percaya diri 

Gejala stress secara Fisiologis

1. Meningkatnya denyut jantung, tekanan darah -> resiko penyakit jantung meningkat 

2. Mengalami gangguan pencernaan (diare, maag, nyeri ulu hati) 

3. Mudah lelah 

4. Gangguan pernapasan (sesak, nyeri dada) 

5. Sakit kepala 

6. Gangguan siklus tidur (insomnia) 

Nah, beberapa gejala diatas kadang sebagian orang mengalaminya dan berpikir gejala tersebut karena terkena COVID-19. Hal ini justru membuat pada sebagian orang semakin bertambah stress dan cemas.

Untuk itu kita harus bisa mengatasi stress dan kecemasan kita dengan cara berikut : 

– Menjaga kondisi tubuh dan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur 

– Tidur yang cukup untuk memberi kesempatan pada otak untuk rileks 

– Olahraga teratur, karena #DiRumahAja maka lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah atau di sekitar halaman

– Melakukan hobi dan hal yang menyenangkan

– Selalu berpikir positif 

Poin terakhir mungkin tidak mudah dilakukan pada sebagian orang terutama di situasi pandemik seperti saat ini. Namun coba kita lihat beberapa sisi positif yang bisa diambil :

Work From Home (WFH) 

Work from home atau bekerja dari rumah mulai diberlakukan sejak tanggal 26 Maret 2020 khususnya di Jakarta. Warga yang sebelumnya harus pergi pagi dan pulang malam hari saat bekerja di kantor sekarang hanya perlu bekerja dari rumah menggunakan laptop. Kini macet sudah tidak menjadi rutinitas. 

Sisi positifnya : 

– Waktu untuk keluarga lebih banyak 

– Tidak perlu menghadapi kemacetan yang membuat stress 

– Lebih ekonomis, karena tidak membutuhkan bensin ataupun ongkos perjalanan 

#DiRumahAja 

Slogan ini sudah diberlakukan sejak 16 Maret 2020. Hal ini dimaksudkan agar warga meminimalkan kegiatan di luar rumah agar mengurangi penyebaran COVID-19. Namun berdasarkan data National Geographic Indonesia, polusi udara di Indonesia ikut berkurang. Jadi dengan #DiRumahAja bukan suatu hal yang negatif karena warga merasa dibatasi kebebasannya namun ada hal positif yang didapat. 

Yang paling utama untuk dapat meringankan stress kita yaitu berserah diri kepada Sang Pencipta dan terus berdoa ditempat tinggal masing-masing. Semoga wabah ini segera berlalu. #BePositive! Salam Sehat Hellofit! 

dr. Roberta Charles

Referensi:

National Geographic

Beehr, Terry and Newman, John. 1999. Stress and Health. 

Kementrian Kesehatan Indonesia

1 Comment

  1. ปั้มไลค์
    July 21, 2020

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

More great articles

Pesan Minions dan Gru di Masa Pandemi Covid-19

WHO dan Yayasan PBB sangat antusias bekerja sama dengan Illumination, perusahaan yang memproduksi film minions dalam mengkampanyekan pesan-pesan kesehatan di…

Selengkapnya

Saran BPOM tentang Uji Coba Dexamethasone Untuk Pengobatan Covid-19

Dua hari lalu, Rabu (17/6) beberapa media asing mengangkat pemberitaan tentang hasil uji coba obat Dexamethasone untuk pengobatan pasien Covid-19.…

Selengkapnya
Makanan Anti Corona Virus

Makanan Anti Virus Corona

Selain social distancing, dan konsumsi vitamin untuk menaikkan daya tahan tubuh, penting bagi kita juga untuk mengkonsumsi beberapa makanan anti…

Selengkapnya
Arrow-up