COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Cara Penyebaran COVID-19 Corona Virus

Gejala-Gejala COVID-19

Hellofit

Apa saja Gejala COVID-19?

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap. Beberapa orang menjadi terinfeksi tetapi tidak mengembangkan gejala apa pun dan merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus.

Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis yang mendasari seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mencari perhatian medis.

Gejala COVID-19 yang Sering Ditemukan

  1. Demam
    Sejak awal wabah Covid-19 ini melanda Wuhan, China gejala yang paling umum dan banyak dialami mencapai 98 persen oleh pasiennya adalah demam tinggi di atas 38,5 derajat Celsius. Meskipun virus tersebut sudah mengalami mutasi, pada sebagian orang rentan perlu mewaspadai diri dan curigalah jika sudah mengalami demam tinggi bahkan hanya mencapai suhu tubuh 37,8 derajat Celsius.
  2. Batuk dan Pilek
    Batuk yang dimaksudkan dalam kategori kemungkinan terinfeksi virus SARS-CoV-2 adalah batuk yang terlampau sering dalam sejam. Umumnya batuk kering dan terjadi terus-menerus, secara lebih dari tiga kali 24 jam.
  3. Sesak Nafas
    Sesak napas menjadi salah satu gejala yang serius. Umumnya pasien Covid-19 dalam kasus yang serius, akan mengalami pneumonia. Di mana kondisi paru-paru pasien dipenuhi dengan nanah dan cairan. Inilah yang dapat menyebabkan pasien dengan Covid-19 serius akan mengalami sesak napas yang intens dan batuk yang menyakitkan.
  4. Sakit Tenggorokan
    Persoalan sakit tenggorokan, umumnya bisa dirasakan oleh siapa saja dan kapan saja. Ahli gizi, Dr dr Tan Shot Yen MHum, menyebutkan jika Anda mengalami sakit tenggorokan hanya di pagi hari, bisa jadi keluhan itu hanyalah sesaat saja. Hal itu bisa terjadi, saat selama Anda tidur dan terlalu banyak menghirup udara tanpa disadari dan membuat tenggorokan Anda kering di pagi hari. Namun, jika Anda mengalami keluhan tenggorokan kering yang terus-menerus selama beberapa hari, Anda juga perlu mewaspadai ini.
  5. Lelah
    Menurut sebuah laporan dalam Journal of American Medical Association, sebanyak 98 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami demam. Sebanyak 76-82 persen mengalami batuk kering. Dan 11-14 persen melaporkan lemah dan lelah. Sementara itu, saat ini juga banyak pasien positif Covid-19 tanpa memiliki gejala atau asimptomatik. Diduga di luaran sana masih banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berpotensi menjadi pembawa virus tanpa disadarinya.
    (Sumber: Kompas)

Kalau ada dari kalian yang mengalami semua gejala ini, jangan panik. Sekarang Indonesia sudah menyediakan layanan rapid test untuk mengecek apakah anda positif COVID-19 atau tidak. Bisa menghubungi layanan COVID-19 yang juga telah disediakan oleh pemerintah.

Baca Juga Artikel terkait COVID-19 lainnya: https://hellofit.id/category/covid-19/

Referensi:
Kompas.com

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Kabar Baik, 1.936 Pasien di Wisma Atlet Sembuh dari Covid-19

Salah satu kabar baik dalam penanganan Covid-19 di Indonesia adalah keberhasilan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sejak mulai menangani pasien…

Selengkapnya

Dokter Reisa Broto : Ayo Cegah Wabah Ganda dengan Tetap Imunisasi

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Unicef dan pemerhati imunisasi melakukan survei dan menemukan bahwa pelayanan kesehatan termasuk imunisasi…

Selengkapnya
Pencegahan COVID-19

Pencegahan COVID-19

Bagaimana Saya Melindungi Diri dari COVID-19 dan mencegah Penyebarannya? Cara pencegahan COVID-19 yang paling efektif, adalah untuk melindungi diri sendiri…

Selengkapnya
Arrow-up