COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar ASI Melimpah

Hellofit

Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Pada saat hamil, ibu akan berusaha mencukupi kebutuhan nutrisi untuk bayi yang dikandungnya. Setelah melahirkan, pemenuhan nutrisi tidak bisa berhenti begitu saja karena ibu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI.

Berikut tips yang perlu ibu ketahui dalam memilih makanan pada masa menyusui:

Memenuhi standar gizi baik dan seimbang

Ibu menyusui perlu sebaiknya tidak menawar-nawar dalam hal mengkonsumsi makanan bergizi baik dan seimbang karena akan berpengaruh pada kualitas ASI yang diberikan. Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral untuk menjaga asupan nutrisi ibu.

Memang dengan meninggalkan salah satu dari kebutuhan nutrisi ini, ibu tetap mampu
memproduksi ASI yang baik untuk bayi. Namun selain berguna menjaga kualitas ASI, konsumsi gizi baik dan seimbang juga untuk bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu.

Hindari konsumsi makanan yang memicu alergi pada bayi

Ibu menyusui perlu sensitif dalam memperhatikan kondisi bayi khususnya pada masa-masa awal kelahiran dan selama masa menyusui. Bayi dapat mengalami bintik merah pada kulit, batuk, diare dan sesak sebagai tanda terkena alergi. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu menjadi alergen bagi bayi. Beberapa jenis makanan yang untuk mengakibatkan alergi pada bayi adalah susu sapi, kacang-kacangan, telur, dan seafood.

Konsumsi air putih yang cukup

Sebenarnya sangat wajar bila anjuran mengkonsumsi air putih yang cukup kepada ibu menyusui terus dilakukan karena tidak saja memenuhi kebutuhan cairan untuk si ibu melainkan juga untuk bayi. Kebutuhan air putih bagi ibu menyusui lebih tinggi dibanding pada kondisi normal yaitu setidaknya mencapai 2,8 liter atau setara dengan 11 gelas sehari.

Konsumsi air putih yang cukup dan selalu minum air putih pada saat haus cukup membantu mengurangi minat anda mengkonsumsi minuman tinggi gula dan berkarbonasi. Mengkonsumsi air putih dibanding minuman begula tinggi dan berkarbonasi jauh lebih baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Hindari diet berlebih demi tubuh ideal

Salah satu kekhawatiran yang kerap menghantui para ibu pasca melahirkan adalah sulitnya mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Namun upaya ibu mengembalikan berat tubuh agar kembali ideal cukup beresiko bagi tumbuh kembang bayi.

Ibu menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan demi menghasilkan ASI yang baik tetapi sebaiknya tidak membatasi makanan yang ingin dikonsumsi selama masih dalam batas wajar. Ibu perlu menghindari obesitas tapi bukan alasan untuk mengurangi nutrisi ideal yang seharusnya dipenuhi. Hal ini juga berisiko mengakibatkan stunting pada bayi dan bisa mengganggu kesehatan ibu itu sendiri.

Hindari Stres

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ibu menyusui yang mengalami stres bisa mengurangi produksi ASI. Ada dua jenis hormon yang membantu proses produksi ASI yaitu hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin dikendalikan oleh hormon dopamin dan estrogen.

Hormon ini bertugas merangsang sel agar memproduksi ASI. Sementara hormon oksitosin merangsang payudara untuk mengeluarkan ASI untuk bayi. Hormon ini sangat dipengaruhi oleh suasana hati dari ibu sehingga ketika ASI akan sulit keluar pada saat ibu mengalami stres. (JFS/FS)

1 Comment

  1. ปั้มไลค์
    June 1, 2020

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

More great articles

Kenali Jenis dan Penanganan Sinusitis

Sinusitis terjadi ketika jaringan yang melapisi sinus mengalami peradangan atau pembengkakan karena sinus tersumbat oleh cairan yang mempermudah perkembangan kuman…

Selengkapnya

Beragam Cara Atasi Rambut Rontok

Rambut rontok memunculkan kekhawatiran tersendiri karena bisa mengganggu penampilan. Namun tahukah Sobatfit, kalau setiap orang akan mengalami kerontokan rambut untuk…

Selengkapnya

Yang Perlu Diketahui tentang Alergi

Alergi merupakan keluhan kesehatan yang paling banyak dirasakan di dunia. Berdasarkan data dari World Allergy Organization pada 2011 menunjukkan, terdapat…

Selengkapnya
Arrow-up