COVID-19 di RI

(data per 21 September 2020)
248852
Positif
180797
Sembuh
9677
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Apa Itu Anaplasmosis, yang Disebut Mirip Covid-19?

Hellofit

Anaplasmosis menjadi penyakit yang sedang dibicarakan karena gejalanya mirip dengan Covid-19. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Anaplasma phagocytophilum dan menyebar melalui gigitan kutu Ixodes scapularis dan Ixodes pacificus ini sedang meningkat di New York. Penderitanya mungkin mengalami demam, sakit kepala, menggigil, kelelahan, dan sakit otot. Ini juga mungkin menyebabkan masalah pernapasan, sesak napas dan batuk.

Baca Juga: Pulse Oximeter: Apakah Perlu untuk Bantu Mendeteksi COVID-19?

Namun tidak perlu khawatir karena penyakit ini mudah dideteksi dan dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Obat yang dikenal dengan nama Doxycycline ini juga dapat digunakan untuk semua usia termasuk anak-anak. Pengobatan dini dapat mencegah beragam komplikasi dan kematian yang diawali oleh anaplasmosis. Jika Anda menunda-nunda pengobatan, anda mungkin mengalami gagal napas, gagal organ, pendarahan hingga akhirnya berujung pada kematian.

Padahal pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, pemerintah setempat akan mengalami kesulitan untuk memperingatkan ancaman penyakit ini. Semua orang sedang fokus dengan pandemi. Banyak orang juga khawatir mengunjungi rumah sakit jika tidak mengalami masalah kesehatan yang berat. Di sisi lain, terdapat penyakit Lyme yakni penyakit yang paling sering disebabkan oleh kutu di Amerika Serikat. Kutu yang menyebarkan penyakit Lyme sama dengan kutu yang menyebarkan Anaplasmosis. Kondisi ini mungkin membuat orang mengabaikan peringatan tentang Anaplasmosis.

Di mana Anda mungkin digigit kutu penyebar Anaplasmosis?

Anda mungkin digigit kutu saat berada di luar rumah terutama pada daerah yang berumput, penuh semak dan hutan. Anda mungkin tergigit kutu pada saat melakukan penjelajahan alam seperti mendaki gunung, berkemah atau berkebun. Anda juga mungkin tergigit kutu yang lebih dulu menyerang hewan peliharaan anda. Gigitan kutu penyebar penyakit ini biasanya tidak terasa sehingga seringkali orang tidak sadar dirinya digigit kutu. Sementara gejalanya mungkin baru muncul setelah seminggu digigit kutu.

Lantas apa yang perlu Anda lakukan untuk mencegahnya?

Jika Anda berencana keluar rumah terutama untuk berkebun atau berkemah sebaiknya anda menggunakan insektisida yang mengandung 0,5% permetrin. Ini dapat digunakan pada pakaian atau perlengkapan yang anda gunakan selama berada di daerah yang berumput, bersemak atau banyak pohon. Anda juga dapat menggunakannya selama berkebun.

Perhatikan hewan peliharaan Anda agar bebas kutu. Penyakit anaplasmosis dan lyme juga dapat menyerang hewan peliharaan dan berbahaya jika kutu anjing berpindah dan menyerang anda. Gunakanlah bedak antikutu atau produk lain yang dapat mencegah kutu pada hewan peliharaan. Jika Anda adalah seorang peternak sapi atau sering berkunjung ke peternakan sapi, anda juga perlu berhati-hati karena penyakit ini juga dapat menyerang sapi. Sapi yang terkena penyakit ini biasanya mengalami demam tinggi, penurunan produksi susu serta dapat menyebabkan kematian.  

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.cdc.gov/plague/diagnosis/index.html

https://www.medicaldaily.com/tick-borne-disease-covid-19-symptoms-rise-new-york-453970https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/rickettsial-diseases-overview#1

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/tick-borne-diseases

1 Comment

  1. blog3009
    July 11, 2020

    It's amazing for me to have a web page, which is useful for my knowledge.

    thanks admin

    Have a look at my webpage: blog3009

Leave a Reply

More great articles

Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Blefaritis

Blefaritis merupakan radang yang menyerang tepi kelopak mata sehingga membuat mata anda terlihat bengkak seperti digigit lebah. Ini terjadi karena…

Selengkapnya

Ketahui Manfaat Zinc untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu suplemen kesehatan yang turut berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh adalah Zinc. Namun yang perlu dicatat bahwa produk…

Selengkapnya

Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi

Belakangan, suhu di beberapa kota termasuk Jabodetabek terasa lebih panas dari biasanya. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal MSi juga mengatakan…

Selengkapnya
Arrow-up