COVID-19 di RI

(data per 25 Oktober 2020)
389712
Positif
313764
Sembuh
13299
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Diare

Hellofit

Diare merupakan penyakit yang umum terjadi ditandai dengan sering buang air besar berair dalam waktu yang berdekatan. Diare tidak bisa dibiarkan terjadi begitu saja karena dapat membuat kita kehilangan cairan. Oleh karena itu, jika mengalami diare sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang banyak dikeluarkan.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Sakit Perut Parah pada Anak

Diare rentan terjadi karena makanan yang tidak bersih atau karena tidak membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, Dengan memastikan kebersihan peralatan memasak dan alat makan kita sudah berusaha mengurangi potensi terjadinya diare. Selain itu, menyediakan air bersih untuk dikonsumsi dan memastikan mencuci buah dan sayuran dengan bersih juga penting dilakukan.

Gejala

Terdapat beberapa gejala diare yang umum terjadi meliputi seringnya buang air besar dalam waktu yang dekat, tinja yang berair dan nyeri di perut. Terkadang juga mengalami mual dan muntah. Diare semakin parah jika ditandai dengan demam, munculnya lendir atau darah pada tinja dan mengalami penurunan berat badan.

Penyebab

Penyebab diare memang berkaitan dengan masuknya kuman melalui makanan atau tangan yang tidak bersih. Namun terdapat beberapa penyebab lain yang sering mengakibatkan diare yang berkepanjangan seperti:

  • Alergi pada makanan tertentu
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Diabetes
  • Penyakit usus
  • Penggunaan obat-obatan tertentu

Cara mencegah dan mengobati

Hindari diare dengan menjaga kebersihan tangan sebelum makan dan memastikan kebersihan makanan yang dimakan. Hal ini juga perlu selalu ditanamkan kepada anak-anak agar membiasakan diri mencuci tangannya dengan sabun sebelum memasukkan makanan ke dalam mulut. Ingatkan juga agar tidak jajan sembarangan dan siapkan makanan dan camilan buatan sendiri di dalam rumah yang bisa dijamin kebersihannya.

Ketika mengalami diare, gantilah cairan yang sudah keluar dengan banyak minum air putih dan minuman elektrolit dan minum obat diare yang bisa diperoleh dengan bebas di apotek. Makan makanan yang bersih, lembek dan mudah dicerna oleh tubuh. Jika belum juga sembuh berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Menghubungi dokter juga perlu dilakukan ketika tinja mulai mengandung darah atau berubah warna menjadi hitam dan mengalami demam.

Jika diare terjadi pada anak-anak dan mulai mengakibatkan demam sebaiknya segera menghubungi dokter. Begitu juga dengan bayi yang mengalami demam, BAB berdarah atau berwarna hitam dapat segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-diarrhea#1https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/symptoms-causes/syc-20352241

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diarrhea/symptoms-causes/syc-20352241

2 Comments

  1. Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Disentri - Hellofit
    June 15, 2020

    Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Pengobatan Diare

  2. ปั้มไลค์
    July 21, 2020

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

More great articles

Menilik Potensi King of Spice, Lada untuk Kesehatan

Lada yang dijuluki sebagai King of Spice atau Raja Rempah-Rempah merupakan komoditi pertanian utama di Indonesia. Pasalnya, Indonesia sempat menguasai…

Selengkapnya

Disebut Bermanfaat untuk Epilepsi, Minyak Ganja Masih Ditelusuri Efek Sampingnya

Pernahkah Sobatfit mendengar Cannabidiol Oil atau minyak CBD yang berbahan dasar ganja? Minyak ini disebut-sebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.…

Selengkapnya

Fakta Mengejutkan tentang Polio

Penyakit yang disebabkan oleh virus polio ini sempat membuat khawatir para orang tua di Amerika Serikat karena menyerang anak-anak khususnya…

Selengkapnya
Arrow-up