COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Hidup Sehat dengan Memenuhi Konsep Gizi Seimbang

Hellofit

Sampai hari ini masih banyak yang salah paham bahwa memenuhi gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Padahal konsep ini sudah lama ditinggalkan dan diganti dengan konsep gizi seimbang. Lantas apa itu gizi seimbang?

Baca Juga: Kandungan Gizi yang Diperlukan Orangtuamu di Hari Tua

Gizi seimbang merupakan konsep pemenuhan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Itu artinya setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda sesuai dengan usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan dan seberapa banyak aktivitas yang dikerjakannya dalam sehari. Sebagai contoh seorang atlet tentu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan orang yang bekerja berjam-jam di depan layar.

Konsep gizi seimbang juga tidak terpaku pada kuantitas semata melainkan juga memperhatikan kualitas, ragam jenis, dan upaya-upaya yang memaksimalkan penyerapan nutrisi yang telah dikonsumsi. Upaya-upaya tersebut meliputi rajin berolahraga, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan dan memantau berat badan ideal secara berkala.

Kualitas Makanan

Hal yang perlu diperhatikan dalam menerapakan konsep gizi seimbang adalah kualitas makanan yang dikonsumsi. Jadi tidak cukup memastikan kecukupan gizi yang dikonsumsi melainkan juga perlu memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Misalnya anda perlu mencuci sayur dan buah-buahan dengan air mengalir untuk memastikan kebersihannya sebelum dikonsumsi.

Bagi ibu hamil konsumsi sayuran mentah tidak diperkenankan untuk menghindari keracunan akibat infeksi bakteri Listeria. Selain itu, anda juga perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada saat memasak dan menghidangkan makanan. Jika makanan dimasak oleh orang lain, pastikan orang yang memasak juga menjaga kebersihan tangan dan peralatan memasaknya. Pasalnya nutrisi yang masuk juga percuma jika anda terserang penyakit.

Ragam jenis makanan

Makanan bergizi seimbang juga berkaitan dengan ragam jenis makanan yang dikonsumsi. Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi satu atau dua jenis makanan saja. Oleh karena itu, pengenalan akan kandungan makanan juga penting agar anda dapat memilih makanan mana saja yang perlu ada untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Gizi makro dapat dipenuhi dari makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Sementara gizi mikro seperti vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Ada beragam makanan sumber protein seperti ikan, unggas, daging sapi, kambing, udang dan susu.

Beragam sumber protein ini mengandung asam amino yang berbeda-beda sementara tubuh membutuhkan semuanya. Cara memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan mengonsumsi beragam makanan sumber protein. Begitu juga dengan karbohidrat, anda sebaiknya tidak terpaku pada satu jenis makanan sumber karbohidrat saja. Konsumsilah makanan sumber karbohidrat secara bervariasi.

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Jika ingin melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh makanlah buah dan sayuran yang beragam. Selain itu, konsumsi buah dan sayuran wajib lebih banyak dibandingkan dengan jenis makanan lain seperti protein, karbohidrat dan lemak. Sebaiknya jumlah buah dan sayuran memenuhi setengah dari jumlah keseluruhan makanan anda.

Membatasi makanan tinggi gula, garam dan lemak

Anda perlu membatasi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak karena dapat memicu beragam penyakit berbahaya meliputi diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Prinsip ini perlu diperhatikan lebih serius bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan riwayat penyakit tertentu di keluarga.

Memenuhi kebutuhan cairan

Pemenuhan kebutuhan cairan dapat dilakukan dengan minum air putih yang cukup. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dari buah-buahan yang tinggi akan kandungan air. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan anda.

Rajin berolahraga

Berolahraga tidak selalu berhubungan dengan aktivitas fisik yang berat. Anda juga dapat berolahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, membersihkan rumah, dan beragam aktivitas lainnya yang bisa anda kerjakan di dalam rumah. Olahraga rutin sangat berperan dalam membantu memperlancar metabolisme tubuh. Ini juga berguna untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh agar diubah menjadi energi. Hindari melakukan gaya hidup sedentari karena dapat memicu berbagai penyakit.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga sangat berpengaruh dalam memastikan kehidupan yang sehat. Percuma jika anda memenuhi gizi dari makanan, rajin berolahraga tapi tidak beristirahat yang cukup karena hanya akan memperburuk daya tahan tubuh dan memberi kesempatan datangnya penyakit. Orang dewasa perlu memenuhi tidur 7-8 jam pada malam hari untuk memulihkan tubuh dan memberi kesempatan sel-sel tubuh beregenerasi dengan baik. Kualitas tidur juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan makan menjelang jam tidur. Hindari kebiasaan buruk ini untuk mencegah sulit tidur dan mendapatkan tidur yang nenyak.

Memantau dan mempertahankan berat badan ideal

Berat badan ideal menjadi salah satu cara untuk mengukur apakah anda telah berhasil menerapkan prinsip gizi seimbang. Orang yang menerapkan sistem gizi seimbang cenderung memperoleh berat badan ideal. Kelebihan berat badan telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Dengan menjaga berat badan tetap pada posisi ideal anda telah berusaha mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya tersebut.    

(JFS/FS)

Referensi:

Setyawati, V.A dan Hartini, E. (2018). Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat.  

https://www.basic-fit.com/en-lu/blog/the-balance-between-rest-nutrition-and-training#:~:text=The%20ideal%20balance%20between%20exercise%2C%20sleep%20and%20nutrition&text=A%20healthy%20lifestyle%20consists%2C%20among%20other%20things%2C%20of%20eating%20healthy,balance%20for%20a%20healthy%20rhythm.

https://www.healthline.com/health/balanced-diet#importance

1 Comment

  1. ปั้มไลค์
    July 4, 2020

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a Reply

More great articles

Semua Hal tentang Alzheimer yang Perlu Kamu Ketahui

Penyakit Alzheimer ditemukan pertama kali oleh seorang psikiater asal Jerman bernama Aloysius Alzheimer setelah mendapat pasien yang mengalami kehilangan ingatan…

Selengkapnya

Hati-Hati, Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul karena Suhu Panas

Sahabat Hellofit, pernah nggak sih kamu merasa suhu beberapa hari terakhir ini sedemikian panasnya? Suhu panas bukan saja membuat kita…

Selengkapnya

Berapa Kali Sebaiknya Bayi Baru Lahir Dimandikan?

Bagi para ibu baru memandikan bayi sering kali menjadi tantangan tersendiri. Pemahaman tentang cara memandikan yang benar juga jelas masih…

Selengkapnya
Arrow-up