COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Whitening Spray - aman

Instan Whitening Spray, Sekali Semprot Kulit Glowing! Amankah??

dr. Thomas A Husada

Bagi sebagian orang berasumsi bahwa kulit yang putih merupakan sebuah standar kecantikan. Terutama bagi wanita, Pemikiran yang salah ini kerap mendorong sebagian orang untuk rela melakukan apa pun demi membuat kulit mereka lebih putih.Tak heran bila pada akhirnya banyak konsumen yang tergoda untuk mencoba produk pemutih instan meski keamanannya tak terjamin.

Menjamurnya produk pemutih kulit yang bekerja secara instan dan memiliki klaim yang dapat memutihkan kulit dalam sekejap ini sejalan dengan keinginan banyak orang yang menginginkan kulitnya terlihat lebih putih tanpa harus melakukan proses panjang dan merepotkan.

Kini, instan whitening spray tengah viral di sosial media terutama di kalangan beauty blogger. Produk ini sedang merajai berbagai produk kecantikan pemutih kulit. Instan whitening spray merupakan produk pemutih kulit ala korea yang disemprotkan ke wajah dan kulit agar terlihat putih dalam sekejap saja. Ratusan merek pemutih Instan whitening spray dijual bebas, mulai dari pasar tradisional hingga toko online.

Instan whitening spray oleh sebagian konsumen dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan tubuh serta membuat kulit tampak glowing bercahaya layaknya artis korea secara instan. whitening spray bisa dipakai sehari – hari atau untuk acara tertentu dengan memberikan kesan glamour & sexy pada kulit.

Namun amankah penggunaan pemutih kulit instan berbasis spray ini?? Sebelum memlilih produk pemutih kulit hendaknya memilih kandungan yang aman bagi kulit, Namun hal ini tidak bisa dijadikan standar keamanan karena dosis berlebih akan berdampak buruk terhadap kesehatan ya sahabat hellofit

Kandungan Aman Bahan Pemutih Kulit

  • Arbutin
    Kandungan yang satu ini sering digunakan dalam produk untuk memutihkan wajah. Tak hanya membantu mencerahkan, arbutin juga tetap menjaga kesehatan kulit secara alami. Bahan ini tergolong aman karena berasal dari ekstraksi tumbuhan bernama bearberry.
  • Kojic acid
    Berbeda dengan mercury yang berbahaya, kojic acid merupakan salah satu bahan yang paling direkomendasikan untuk memutihkan wajah. Kandungan ini dipercaya memiliki manfaat membersihkan kulit yang tidak menimbulkan iritasi, kemerahan, atau efek buruk lainnya.
  • Alpha-hydroxyl acids
    Aalpha-hydroxyl acids sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memutihkan wajah karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Selain dapat melawan tanda-tanda penuaan, kandungan ini juga sering digunakan dalam produk perawatan yang berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat.
  • Ekstrak Bearbery
    Penggunaan ekstrak bearberry (sumber alami arbutin) dapat memperkuat efek β-arbutin dalam persiapan mencerahkan dan menghilangkan noda di kulit. Di antara ekstrak alami, murbei dan kayu manis adalah komponen populer yang ditambahkan pada pemutih kulit.
  • Ekstrak lemon
    Ekstra lemon digunakan dalam ramuan untuk mencerahkan kulit. Sebagai bahan pemutih kulit yang ampuh. Namun, ekstra lemon hanya dapat digunakan pada konsentrasi rendah karena mudah menyebabkan iritasi kulit.
  • Kiwi fruit (Actinidia Chinensis)
    Mengandung flavonoid (misalnya, quercetin) yang dapat mencerahkan dan membuat regenerasi pada pigmen kulit.
  • Niacinamida
    Niacinamide menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit. Untuk yang memiliki banyak luka bekas jerawat, niacinamide juga bisa membantu pudarkan acne scardan dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata, dan mengurangi kerutan.
  • Meladerm
    mengandung campuran (Mulberry, Licorice, Sophora dan Peonia) tetapi juga ekstrak lain yang mengandung antioksidan atau antiradang pada kulit.
  • Glycolic Acid
    glycolic acid mencerahkan kulit dengan cara yang berbeda. Kandungan ini berfungsi sebagai peeling kimia yang membantu mengeksfoliasi kulit terluar dan mempercepat gantinya dengan sel kulit yang baru
  • Gigawhite
    Berisi berbagai ekstrak tanaman dari pegunungan alpen dan yang telah diuji pada 10 subyek asal asia. Pemutih ini menghambat penuaan pada kulit.
  • Ganggang laut
    Ganggang laut memiliki potensi yang menjanjikan untuk digunakan sebagai bahan pemutih kulit Untuk memulihkan kecantikan wanita.
  • Vitamin C
    Vitamin C juga bisa membuat kulit menjadi lebih kencang karena turut memproduksi serat kolagen.

Kandungan Zat Berbahaya Pemutih Kulit

Bahan-bahan yang dikenal sebagai penyebab kerusakan kulit dan tubuh adalah hydroquinon, merkuri, kortikosteroid, dan trentinoin, m-Benzenediol, p-Benzenediol, p-Dihydroxybenzene, p-Dioxybenzene, p-Hydroquinone, p-Hydroxyphenol, Arctuvin, Benzohydroquinone, Bezoquinol, 1,4-dihydroxybenzol, Tequinol, Aida, steroid, dan Benzene untuk nama lain hydroquinone.merupakan bahan yang harus dihindari dalam pemutih kulit. Namun, sering kali produk-produk ini tidak dapat teridentifikasi karena terkemas dalam wadah yang tidak bertanda.

Bagaimana Cara Kerja Instan Whitening Spray?

Dilansir dari Journal Pharmaceutical Sciences & Analytical Research Journal, zat kimia yang digunakan dalam pemutih instan bekerja dengan cara menekan produksi melanin ( Melanin merupakan zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit atau pigmen) dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi lebih putih dalam waktu yang cepat. Akan tetapi, resikonya kulit anda akan menjadi sangat rentan terhadap sinar matahari karena kekurangan melanin. Dan jika kulit tidak terlindungi melanin dalam jangka waktu panjang, sinar ultraviolet sangat beresiko menyebabkan kanker kulit.

Apa Resiko Penggunaan Instan Whitening Spray Dengan Zat Berbahaya?

  1. Pemutih kulit secara instan mengurangi konsentrasi atau produksi melanin dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel yang disebut melanosit. Apabila anda menerapkan produk pemutih kulit pada kulit, seperti hidrokuinon. hal itu berdampak mengurangi jumlah melamin dalam kulit dan menyebabkan kanker kulit
  2. Zat kimia lain yang sangat berbahaya yang sering didapati dalam produk pemutih kulit yang ilegal adalah merkuri, yang menghambat pembentukan melanin, sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih terang. Pemutih kulit bermerkuri telah dikaitkan dengan sejumlah dampak kesehatan yang buruk. Efek merkuri yang terkandung dalam produk pemutih kulit ditandai dengan gejala pusing, kulit terbakar, alergi, mudah iritasi dan gagal ginjal.
  3. Penggunaan produk pemutih kulit dapat menyebabkan Dermatitis (penyakit kulit). peradangan kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu. Gejalanya bisa berkisar dari ringan sampai parah dan mencakup: bercak kulit yang melepuh di kulit borok kering, kulit bersisik pembengkakan, gatal dan kulit terbakar.
  4. Exoochronosis adalah gangguan kulit yang menyebabkan pigmentasi warna biru hitam. Ini biasanya terjadi sebagai komplikasi penggunaan jangka panjang krim pemutih kulit yang mengandung hidrokuinon.
  5. Produk pemutih yang mengandung Steroid , steroid tidak boleh digunakan sebagai produk pemutih karena akan ada banyak sekali efek samping yang dapat ditimbulkan dari pemakaian secara sembarangan. Efek samping yang paling mudah dilihat dan paling sering muncul, yaitu: Wajah sensitif, Muncul gurat-gurat merah keunguan di wajah, disebabkan karena adanya pelebaran pada pembuluh darah di kulit bagian atas. Dan Hipertrikosis, yaitu munculnya rambut-rambut halus di wajah.
  6. Penggunaan produk dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penuaan dini dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Tips Memilih Pemutih Kulit Yang Aman

  1. Hindari anggapan memutihkan wajah dapat dilakukan secara instan. Sebab dengan anggapan ini akan akan terdorong untuk mencari produk yang mampu memberikan hasil maksimal dalam waktu singkat, namun mengabaikan resikonya.
  2. Lebih teliti dalam membeli produk pemutih wajah. Sangat dianjurkan untuk melihat label izin BPOM dalam produk yang akan anda beli. Untuk memastikan keamanan produk amda terjamin bisa di cek di website BPOM RI jika sudah teregister dipastikan produk yang anda pakai aman.
  3. Perhatikan komposisi produk, apakah produk yang anda pakai termasuk kandungan yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan.
  4. Penggunaan efek jangka panjang produk pemutih secara instan tidak di rekomendasikan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan.
  5. Kulit yang bersih dan putih dipengaruhi oleh pola dan gaya hidup, maka gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi dan berolahraha lebih disarankan. Bahan alami pemutih kulitpun lebih aman digunakan seperti bengkuang, lemon, mentimun, achaiberry, kiwi, putih telur, teh hijau, alpukat, dan madu, dan tetap gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan matahari sesuai dengan jenis kulit
  6. Konsultasikan jenis kulit anda dan masalah yang dialami ke dokter kulit atau dokter kecantikan, doker akan memberikan resep dan tindakan yang sesuai dengan jenis kulit anda dan keamanan produk lebih terjamin.

Nah, daripada harus mengeluarkan banyak uang dan merasakan efek sampingnya, lebih baik Anda menghindari segala bentuk pemakaian pemutih instan yang mengadung zat kimia berbahaya ya sahabat hellofit

Percaya dirilah dengan warna kulit yang dimiliki, perawatan memang perlu tapi masih banyak jenis perawatan kulit yang aman. Jangan lupa, sebelum membeli produk kecantikan apapun pastikan tertera izin BPOM, lihat tanggal kadaluarsa dan komposisi ya! Jaga kesehatan kulit dengan konsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga dan konsultasikan perawatan kulit anda hanya ke dokter.

Salam Sehat Hellofit!

dr. Thomas A Husada
RS. Kartini Rangkasbitung Lebak Banten

Baca juga artikel kesehatan lainnya: https://hellofit.id/category/kesehatan/

Referensi:

  1. Abdul Kader Mohiuddin. Published Juni 2019. Pharmaceutical Sciences & Analytical Research Journal Skin Lightening & Management of Hyperpigmentation. ISSN: 2640-6659 . Department of Pharmacy, World University of Bangladesh, Banglades.
  2. Nico Smit, Jana Vicanova, and Stan Pavel. International journal of molecular science Additional article information The Hunt for Natural Skin Whitening Agents. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2801997/#!po=41.4474
  3. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology https://europepmc.org/article/med/26953335 : JEADV, 08 Mar 2016, 30(6):943-950
    4.https://www.researchgate.net/publication/227749622_Toxicology_and_health_risks_of_hydroquinone_in_skin_lightening_formulations
  4. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/skin-whitening
  5. https://www.healthline.com/health/skin-bleaching#benefits
  6. https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Hati-Hati, Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul karena Suhu Panas

Sahabat Hellofit, pernah nggak sih kamu merasa suhu beberapa hari terakhir ini sedemikian panasnya? Suhu panas bukan saja membuat kita…

Selengkapnya

Peneliti Temukan Potensi Obat Asma Sembuhkan Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit demensia yang paling umum terjadi terutama pada lanjut usia. Namun serangan Alzheimer dini juga mungkin terjadi pada…

Selengkapnya

Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Chikungunya

Chikungunya merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Chikungunya. Sama dengan penularan demam berdarah dan Zika, penyebaran virus ke tubuh…

Selengkapnya
Arrow-up