COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Ilustrasi Meditasi

Kelola Stres dengan Meditasi

Hellofit

Stres merupakan salah satu dampak yang paling sering dirasakan di masa sulit seperti sekarang ini.

Tekanan datang silih berganti akibat perlambatan gerak ekonomi yang berujung pada kerugian besar, hilangnya pekerjaan dan tumpukan tagihan yang tak terbayar.

Karantina yang membosankan, jadwal yang tak menentu serta kehangatan hubungan antara kekasih, sahabat, tetangga dan lingkungan sekitar mulai tergerus oleh rasa cemas dan kuatir akan penyebaran virus yang begitu cepat dan sulit dikendalikan.
Penambahan jumlah pasien terinfeksi masih terus diberitakan.

Pasien meninggal pun masih tergolong besar. Prediksi demi prediksi mengemuka namun tak satupun yang bisa dijadikan acuan. Setelah puluhan atau ratusan data dikumpulkan masih belum cukup untuk memberi kepastian.

Entah sampai kapan kebiasaan baru ini akan bertahan? Kamu juga pasti sudah bosan. Kondisi ini memang tidak gampang. Kita perlu mencari siasat dan berdamai dengan keadaan. Tentu saja ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan tekanan. Kamu boleh memilih yang mana yang paling menenangkan.

Bermeditasi adalah salah satu cara yang bisa jadi pertimbangan. Meditasi bisanya dilakukan seseorang untuk menyelesaikan masalah atau sekedar menenangkan diri dari beragam tekanan dan rutinitas.
Keuntungan melakukan meditasi adalah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja bahkan pada saat sedang melakukan self quarantine.

Dalam postingan instagramnya, Adreanna Limbach, pelatih meditasi di MNDFL-sebuah studio meditasi di Newyork—secara live mempraktikkan meditasi selama 20 menit.

Limbach mengajak para pemirsa instagramnya untuk mencari tempat yang nyaman dan meletakkan kaki mereka di lantai sampai bisa merasakan mereka sedang membumi.

Pemirsa diminta menutup mata secara perlahan sambil menarik napas panjang. Setelah itu mereka diminta fokus pada niat dan alasan melakukan meditasi sembari berusaha menyatu dengan suara dan tekstur ruangan tempat bermeditasi.

Cara yang dianjurkan untuk bisa membumi dengan ruangan tersebut adalah dengan meletakkan salah satu tangan di bagian perut dan satu lagi di bagian dada.

Fokus akan semakin kuat sambil mendengarkan narasi yang disampaikan oleh Limbach.

Itu semua adalah salah satu cara bermeditasi yang bisa kamu praktekkan di rumah untuk mengatasi tekanan yang dialami di masa pandemi.

Pada prinsipnya bermeditasi juga memerlukan instruktur untuk bisa mengarahkan kamu tentang cara bermeditasi yang benar.

Namun sebenarnya ada skema meditasi yang sudah umum dan bisa dipraktekkan kapan saja dan di mana saja. Sebagaimana dikatakan Limbach di atas, kamu perlu mencari tempat yang nyaman untuk melakukan meditasi.

Hal ini juga berguna untuk menghindari gangguan pada saat anda sedang fokus melakukan meditasi.
Posisi umum dalam bermeditasi adalah dengan duduk bersila dengan kaki kanan berada di bagian atas.

“Duduklah setegak mungkin dan pejamkan mata. Sebelum memulai meditasi kamu dianjurkan berdoa sesuai dengan ajaran agama masing-masing,” ujarnya dalam video MNDFL di YouTube.

Tarik napas panjang dan fokuslah pada tarikan napas kamu. Hal ini bisa dilakukan sambil mendengarkan musik dan memasang aromaterapi di ruanganmu bermeditasi.

Bermeditasi juga merupakan kesempatan untuk beristirahat sejenak memikirkan setiap persoalan dan tekanan yang ada.

Jadi biarkan dirimu fokus pada tarikan nafas yang iramanya lebih teratur dan tenang. Kamu juga bisa berkonsentrasi dengan mengucap doa sesuai keyakinan atau menyebutkan frasa yang memotivasi seperti misalnya, “semuanya akan baik-baik saja”. (JFS/FS)

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Bayi Meninggal Setelah Digigit Kutu Kucing, Kok Bisa?

Apa yang terpikirkan dalam benak kamu ketika dengar kabar seorang bayi meninggal setelah digigit kutu kucing? Setelah digigit kutu kucing…

Selengkapnya

7 Cara Menjaga Kesehatan Mulut bagi Wanita Hamil

Barangkali banyak yang bertanya-tanya mengapa selain rajin kontrol kehamilan, ibu hamil juga dianjurkan untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi? Anda…

Selengkapnya
Pepaya

Sumber Vitamin C

Selama pandemi covid ini, kita harus menjaga tubuh tetap sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C ini dapat…

Selengkapnya
Arrow-up