COVID-19 di RI

(data per 21 September 2020)
248852
Positif
180797
Sembuh
9677
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Kenali Gejala, Penyebab dan Penanganan Vertigo

Hellofit

Vertigo adalah pusing yang membuat Anda seolah-olah melihat benda atau orang yang berada di sekitar berputar atau merasa bagian dalam kepala yang berputar. Ini juga mungkin membuat anda kehilangan keseimbangan sehingga sulit mempertahankan posisi Anda.

Baca Juga: Sering Lembur, Waspada Ancaman Diabetes pada Wanita

Seringkali ini membuat anda perlu berhenti sejenak dan menyentuh benda di sekitar untuk menopang agar anda tidak terjatuh. Vertigo bukanlah penyakit sehingga anda perlu mencari tahu apa penyebab vertigo yang anda alami. Vertigo juga bukan fobia ketinggian sebagaimana sering dikaitkan banyak orang. Orang yang takut ketinggian dan merasa pusing jika melihat ke bawah dari ketinggian dikenal dengan sebutan akrofobia.

Penyebab

Penyebab vertigo yang paling sering adalah masalah telinga paling dalam namun mungkin juga karena masalah sistem saraf pusat. Vertigo posisi paroksismal jinak atau dikenal dengan sebutan BPPV merupakan yang paling sering terjadi dan biasanya disebabkan menggumpalnya kalsium di telinga bagian dalam sehingga mengganggu keseimbangan.

Penyakit Meniere atau gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di telinga juga disebutkan sebagai penyebab vertigo yang disertai dengan perasaan bordering ditelinga dan gangguan pendengaran. Vertigo juga mungkin terjadi pada orang dengan neuritis vestibular atau labrinitis yakni masalah telinga karena infeksi virus. Ini memungkinkan terjadinya peradangan di telinga bagian dalam di sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan indera tubuh.

Gejala

Gejala vertigo meliputi melihat benda atau orang disekitar seperti berputar atau bagian dalam kepala yang berputar. Anda juga mungkin merasa terjadi goyangan yang membuat anda tidak bisa menjaga keseimbangan. Ini juga mungkin memunculkan gejala pusing, sakit kepala, mual dan muntah.

Cara penanganan

Cara penanganan vertigo akan tergantung pada masalah kesehatan apa yang memicunya. Oleh karena itu, anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Dokter mungkin akan memberikan anda obat-obatan untuk tahap awal dan berhasil pada sebagian orang dengan vertigo. Dokter juga mungkin meminta anda menjalani rehabilitasi vestibular (VRT) semacam rangkaian latihan untuk orang-orang dengan masalah keseimbangan.

Apa yang perlu diperhatikan jika anda memiliki vertigo?

Jika anda memiliki vertigo ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yakni sebagai berikut:

  • Bangunlah secara perlahan ketika bangun dari tempat tidur dan duduk di tepi tempat tidur selama satu menit atau lebih sebelum berdiri.
  • Hindari membungkuk untuk mengambil barang.
  • Hindari mendongakkan kepala anda terlalu tinggi misalnya, sambil meraih rak yang tinggi.
  • Gerakkan kepala Anda dengan hati-hati dan perlahan selama beraktivitas.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vertigo/symptoms-causes/syc-20370055

https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment#1

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/ears-nose-and-throat/vertigo#:~:text=Vertigo%20is%20a%20symptom%2C%20rather,balance%20and%20do%20everyday%20tasks.

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Dysania - Susah bangun tidur

Sulit Beranjak Dari Tempat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengidap Dysania!

Siapa disini yang paling tidak suka bangun pagi? Ayo acungkan tangan..sama, saya juga begitu. Banyak alasan untuk tetap rebahan di…

Selengkapnya
Ilustrasi sakit jantung

Kiat Berolahraga bagi Penderita Penyakit Jantung

Seorang PNS Provinsi Bali dikabarkan ambruk dan meninggal dunia setelah berolah raga di kawasan Renon, Denpasar pada Jumat, (3/7). Berdasarkan…

Selengkapnya

Sering Lupa Taruh Barang? Ikuti 9 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

Menjadi pelupa adalah hal yang paling tidak menyenangkan apalagi jika usia masih terbilang muda. Mengurus keperluan diri sendiri karena belum…

Selengkapnya
Arrow-up