COVID-19 di RI

(data per 21 September 2020)
248852
Positif
180797
Sembuh
9677
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Khawatir Bikin Sering Kentut, Jangan Lewatkan Manfaat Sayur Kol Ini

Hellofit

Barangkali sayur kol merupakan salah satu sayur yang paling populer di hampir semua kalangan. Pecel lele sebagai kuliner yang paling mudah dijumpai di berbagai tempat juga selalu menyediakan sayur ini baik mentah atau digoreng.

Baca Juga: Selain Serat, Ini Nutrisi Penting Labu Siam untuk Kesehatan

Kol juga sering dimasukkan pada semangkuk sup, dijadikan sayur tumis dan diolah menjadi bakwan. Belakangan nama sayur ini juga viral karena dijadikan judul lagu, dinyanyikan seorang anak kecil, dan diunggah di media sosial.

Banyak juga orang yang enggan mengonsumsi sayur kol karena khawatir sering kentut. Pasalnya sayur kol tergolong sayuran yang bergas tinggi karena mengandung rafinosa. Padahal selain sayur kol masih banyak sayuran lainnya yang tergolong bergas tinggi seperti brokoli, daun bawang, lobak dan sawi. Jenis sayuran tersebut juga mungkin membuat perut kembung.

Namun sayang sekali jika untuk mencegah efek samping tersebut Anda mengabaikan manfaat yang bisa diperoleh dari sayur yang pada abad pertengahan menjadi bagian penting di hampir semua masakan Eropa. Manfaat paling penting dari konsumsi sayur kol adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsi setengah cangkir sayur kol untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari.

Sayur kol juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, kesehatan reproduksi, dan pertumbuhan janin. Ibu hamil juga disarankan mengonsumsi sayur kol karena mengandung serat yang berguna untuk mencegah sembelit. Dengan kandungan folat pada sayur kol, mengonsumsinya juga dapat mencegah bayi lahir cacat dan mencegah kekurangan darah.

Kol juga berguna bagi tulang dan mencegah osteoporosis karena termasuk sayuran yang mengandung vitamin K. Sementara kalium pada sayur kol dapat menjaga fungsi otot dan syaraf, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Anda juga disarankan memfermentasikan sayur kol untuk memperoleh manfaat yang lebih optimal. Di Korea Selatan, makanan fermentasi yang dikenal dengan sebutan kimchi ini adalah makanan wajib di musim dingin. Bahkan, budaya membuat kimchi dalam jumlah besar secara bergotong royong yang dikenal dengan sebutan Kimjang ini masih menjadi budaya yang diwariskan secara turun temurun di Korea Selatan.

Sayur kol yang difermentasikan ini akan sangat baik bagi usus, melawan kuman, membantu pencernaan dan mengendalikan kecemasan. Ini juga dapat mengurangi peradangan, memperlambat penuaan dan baik untuk menurunkan kolesterol.

Setelah membaca beragam manfaat kesehatan dari sayur kol, sayang sekali jika mengabaikannya hanya karena khawatir sering kentut ya Sobatfit?

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-cabbage-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/7622#what_is_flatulence

https://journalofethnicfoods.biomedcentral.com/articles/10.1186/s42779-019-0003-9

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Bayi Jarang BAB, Kapan Ibu Perlu Khawatir?

Buang air besar pada bayi menjadi perkara besar bagi seorang ibu baru. Kekhawatiran akan segera muncul tatkala bayi tidak buang…

Selengkapnya

Menilik Potensi King of Spice, Lada untuk Kesehatan

Lada yang dijuluki sebagai King of Spice atau Raja Rempah-Rempah merupakan komoditi pertanian utama di Indonesia. Pasalnya, Indonesia sempat menguasai…

Selengkapnya

Yang Perlu Diketahui tentang Alergi

Alergi merupakan keluhan kesehatan yang paling banyak dirasakan di dunia. Berdasarkan data dari World Allergy Organization pada 2011 menunjukkan, terdapat…

Selengkapnya
Arrow-up