COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Manfaat Jalan Kaki Sebagai Rutinitas Setiap Hari

Hellofit

Masa pandemi memang memberikan kesempatan lebih banyak untuk berolahraga mulai dari yang berat hingga yang ringan. Orang memilih melakukan olahraga secara rutin tidak hanya untuk memperoleh daya tahan tubuh yang baik melainkan juga untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kepenatan. Berjalan kaki di pagi atau sore hari merupakan olahraga ringan yang ramah bagi semua usia yang jika dilakukan secara rutin setiap hari akan memberikan banyak manfaat bagi hidup anda.  

Baca Juga: Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Blefaritis

Bukan saja ringan, berjalan kaki juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan olahraga ini. Berjalan kaki juga tidak perlu dipelajari dan tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukannya. Ini juga dapat dilakukan sendiri, berdua atau berkelompok. Jika anda melakukannya di lapangan berolahraga, anda juga dapat berjalan kaki sambil berbincang dengan teman.  

Manfaat Berjalan Kaki

Rutin berjalan kaki tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama. Anda cukup menyediakan waktu 30 menit sehari dengan kecepatan berjalan kaki sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan anda. Lantas mengapa harus melakukannya? Berikut manfaat berjalan kaki yang mungkin dapat memotivasi anda untuk membiasakannya:

Mencegah stroke

Percaya tidak percaya, dengan rutin berjalan kaki anda dapat mencegah stroke yakni penyakit kardiovaskular yang kini tidak saja mengancam orangtua melainkan juga anak-anak muda. Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Harvard School of Public Health di Boston, wanita yang berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat menurunkan risiko stroke sebesar 20%. Ketika mereka meningkatkan langkahnya, ini bahkan mampu mengurangi risiko stroke hingga 40%.

Memperbaiki suasana hati

Anda mungkin melakukan beragam cara untuk membuat suasana hati anda lebih baik. Mengonsumsi coklat, berbelanja, atau makan makanan kesukaan, menonton film dan berkumpul dengan teman. Setelah melakukannya mungkin suasana hati anda jadi lebih baik, tapi berat badan anda meningkat pesat. Tentu bukan ini yang anda harapkan. Jika iya, anda dapat mencoba rutinitas jalan kaki untuk membuat suasana hati anda tetap baik sepanjang hari. Penelitian telah menunjukkan orang yang rutin berjalan kaki dapat memengaruhi sistem saraf dan menurunkan kemarahan dan ketegangan. Ini dapat anda lakukan saat anda sedang menghadapi musim penuh tekanan.

Meningkatkan daya ingat

Tidak ada yang bisa menghalangi penurunan daya ingat seiring bertambahnya usia. Namun siapa sangka berjalan kaki dapat memperlambat proses alami tersebut. Barangkali inilah yang membuat seorang lansia memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan orang seusianya atau bahkan yang lebih muda dari usianya. Peneliti asal University of California, San Francisco telah menguji hal ini kepada 6.000 wanita dengan usia 65 tahun dan di atasnya. Mereka menemukan bahwa penurunan daya ingat terkait usia lebih rendah pada mereka yang berjalan lebih banyak. Para wanita yang berjalan 2,5 mil per hari mengalami penurunan ingatan 17%, berlawanan dengan penurunan 25% pada wanita yang berjalan kurang dari setengah mil per minggu. 

Meredakan nyeri sendi

Manfaat berjalan kaki untuk meredakan nyeri sendi juga merupakan salah satu yang telah diteliti. Orang yang berjalan 13 hingga 14 km selama seminggu dapat mencegah radang sendi. Dengan berjalan kaki anda dapat mengurangi rasa sakit karena radang sendi dan melindungi sendi di lutut dan pinggul anda.  

Mencegah patah tulang pinggul

Cobalah untuk rutin berjalan kaki jika anda merupakan penderita osteoporosis. Ini dapat membantu anda mengurangi risiko kehilangan massa tulang. Sebuah studi pada wanita pasca-menopause juga telah menemukan bahwa dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari telah mengurangi risiko patah tulang pinggul hingga 40%.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Berolahragalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekalipun itu hanya dengan berjalan kaki. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang melakukan jalan kaki selama 20 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu lebih mampu mencegah penyakit. Mereka memiliki 43% lebih sedikit sakit daripada yang berolahraga seminggu sekali atau kurang. Menariknya saat mereka sakit, biasanya sembuh lebih cepat.

Menciptakan tidur yang berkualitas

Hampir semua olahraga yang dilakukan secara tepat akan memberikan pengaruh pada kualitas tidur. Orang yang rajin berjalan  kaki pun demikian. Penelitian juga telah menunjukkan rutinitas berjalan kaki selama satu jam pada pagi hari dapat meredakan insomnia pada wanita usia 50-75 tahun.

Apa yang perlu anda perhatikan saat berjalan kaki?

Berjalan kaki perlu dilakukan dengan alas kaki yang nyaman dan aman. Sol yang tebal dapat melindungi kaki anda dari benda-benda tajam yang mungkin tak sengaja terinjak. Gunakan sepatu yang fleksibel dapat mengikuti gerakan kaki anda. Pemilihan pakaian juga perlu menyesuaikan terutama mempertimbangkan suhu di daerah anda. Berjalan kaki pada malam hari juga perlu mempertimbangkan penggunaan pakaian cerah agar membuat anda lebih mudah terlihat orang lain yang sedang berkendara.

Selalulah berhati-hati agar tidak terjatuh atau terpleset saat berjalan di luar ruangan. Pertimbangkan cuaca pada saat merencanakan jalan kaki. Jika tidak memungkinkan berjalan kaki di luar ruangan, lakukan di dalam ruangan. Anda juga dapat mempertimbangkan berjalan kaki di tempat perbelanjaan yang luas sambil berbelanja.

Lakukan pemanasan dengan berjalan secara perlahan hingga 10 menit sebelum meningkatkan kecepatan. Anda juga perlu mempertimbangkan mengubah lama berjalan kaki secara bertahap namun dengan menyesuaikan dengan kemampuan, kondisi kesehatan dan usia anda. Lakukan pendinginan saat akan berhenti berjalan kaki dengan kembali berjalan perlahan hingga 10 menit.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/walking-for-good-health

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/walking/art-20046261

https://www.prevention.com/fitness/a20485587/benefits-from-walking-every-day/

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-surprising-benefits-of-walking

https://www.arthritis.org/health-wellness/healthy-living/physical-activity/walking/12-benefits-of-walking

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Mengenal Blight Ovum atau Kehamilan Kosong

Bagi pasangan yang sudah menikah memiliki momongan sangat dinanti-nanti. Saat suatu hari yang dinanti itu pun tiba dan melakukan testpack…

Selengkapnya
Nomophobia - Gadget Addiction - Ketergantungan Gadget

Nomophobia Smartphone, Apakah Itu Anda?

Pesatnya kemajuan teknologi smarthphone ( telepon pintar) diera digital sudah tidak diragukan lagi. Kini, dengan adanya smartphone pesan dan informasi…

Selengkapnya
Infeksi saluran Kemih

Apa itu Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran kemih bagian bawah dinamai…

Selengkapnya
Arrow-up