COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Mengenal Ascariasis, Infeksi Cacing Gelang yang Sebabkan Diare

Hellofit

Infeksi cacing gelang atau ascariasis merupakan penyakit cacingan yang paling sering terjadi di negara berkembang. Infeksi ini dapat terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan tanah atau mengonsumsi air yang terkontaminasi kotoran manusia dan ternak yang mengandung telur ascariasis.

Baca Juga: Benarkah Terapi COVID-19 Sudah Ditemukan?

Kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan malas memotong kuku menjadi faktor risiko yang memungkinkan telur cacing ini masuk ke dalam tubuh seseorang. Ini lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang bebas bermain di tanah, orang yang pekerjaannya berkaitan dengan tanah, serta mengonsumsi buah dan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu.

Gejala

Kebanyakan orang yang terinfeksi cacing gelang tidak menunjukkan gejala. Namun ada beberapa gejala yang umum terjadi ketika cacing ini menginfeksi usus yaitu merasakan sakit perut, mengalami mual dan muntah, diare dan feses berdarah. Ini juga mungkin menyebabkan penurunan berat badan, sakit perut yang semakin parah, kelalahan, muntah, dan munculnya cacing pada muntah dan feses anda.

Telur cacing gelang yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan menetas di usus tapi larva mungkin berpindah melalui aliran darah menuju paru-paru. Jika ini terjadi, anda mungkin mengalami gejala batuk terus-menerus dan sesak napas.

Bagaimana siklus hidup cacing gelang di dalam tubuh?

Ketika seseorang menelan telur cacing gelang ini akan masuk ke dalam usus lalu menetas menjadi larva. Larva ini akan bergerak melalui aliran darah menuju paru-paru. Sampai di paru-paru, larva semakin dewasa lalu melanjutkan pergerakan menuju tenggorokan. Orang akan menelan kembali larva atau mungkin mengeluarkannya saat batuk. Jika tertelan, larva tersebut kembali ke usus dan berubah menjadi cacing dewasa. Cacing betina dapat menghasilkan sekitar 200.000 telur per hari. Telur ini akan tertinggal pada kotoran orang yang terinfeksi cacing gelang.

Cara mencegah

Upaya mencegah ascariasis dapat dilakukan dengan membenahi sistem sanitasi yang sehat seperti menyediakan fasilitas toilet yang memadai dan secara rutin dibersihkan serta penyediaan air bersih untuk diminum dan digunakan sehari-hari. Kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan atau setelah menggunakan kamar mandi juga wajib dilakukan untuk mengurangi peluang masuknya telur cacing ke dalam tubuh. Menerapkan pola bermain bersih bagi anak-anak agar tidak dengan mudah menyentuh tanah kecuali bisa memastikan anak tidak menyentuh mulut pada saat bermain. Anda juga dapat mencegahnya dengan mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi.

Cara pengobatan

Pengobatan ascariasis dapat dilakukan dengan pemberian obat antiparasit. Pada pasien yang mengalami ascariasis parah ditandai dengan penurunan berat badan, sakit perut yang terasa luar biasa parah, dan munculnya cacing pada muntahan, dokter akan memberikan perawatan tambahan untuk mengurangi jumlah telur dan cacing dan mengurangi gejala yang dirasakan. Pembedahan juga mungkin dilakukan untuk mengeluarkan sejumlah besar cacing terutama yang mulai menutupi usus.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ascariasis/symptoms-causes/syc-20369593

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322340#life-cycle-of-ascaris-lumbricoides

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Aturan Penggunaan Probiotik

Kebanyakan bakteri adalah penyebab penyakit pada tubuh manusia. Namun beberapa jenis bakteri hidup justru bermanfaat untuk mencegah penyakit. Kebanyakan orang…

Selengkapnya

Kenali Jenis Sakit Kepala Anda

Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang sering dialami oleh setiap orang, tanpamengenal batasan usia maupun jenis kelamin (pria atau wanita).…

Selengkapnya

Kenali Jenis dan Penanganan Sinusitis

Sinusitis terjadi ketika jaringan yang melapisi sinus mengalami peradangan atau pembengkakan karena sinus tersumbat oleh cairan yang mempermudah perkembangan kuman…

Selengkapnya
Arrow-up