COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Menikmati Manfaat Kesehatan dari Semangkuk Sup

Hellofit

Siapa di antara Sobatfit yang suka belanja daging sekaligus dengan tulangnya? Daging merupakan salah satu makanan yang bisa diolah dengan beragam cara mulai dari direndang, dioseng, disemur, digoreng, atau ditumis. Menariknya anda tidak hanya bisa mengolah dagingnya saja, tapi juga membuat sup dari tulang dengan lapisan daging tipis atau tebal sesuai selera.   

Baca Juga: Digandrungi Banyak Orang, Apakah Cabai Baik untuk Kesehatan?

Sup tulang atau kaldu tulang merupakan salah satu jenis makanan penggugah selera yang digandrungi di banyak negara. Ternyata bukan hanya rasanya saja yang nikmat, mengonsumsi sup juga dapat menghangatkan badan di saat musim dingin atau saat sedang demam.

Orangtua juga sering membuatkan sup untuk anaknya yang sedang sakit agar lebih mudah ditelan dan dicerna. Jika si anak tak selera mengonsumsi daging dan sayuran yang ada di dalam sup, anak tersebut mungkin memperoleh sarinya dari kuah sup yang dikonsumsi. Di sisi lain, kaldu dari tulangnya saja juga mengandung banyak manfaat kesehatan.

Anda bisa membuat sup tulang dari daging sapi, ayam atau kambing. Mengolah sup tidak membutuhkan banyak bumbu karena rasa juga muncul dari kaldu yang diperoleh dari tulang dan daging. Anda cukup menambah garam, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan daun sup untuk memperkuat cita rasanya. Padukan sup dengan sayuran seperti wortel, kentang dan tomat.

Manfaat sup tulang

Mengonsumsi sup tulang dikaitkan dengan kesehatan sendi dan pencernaan. Ada segudang nutrisi yang bisa anda peroleh saat mengonsumsi sup tulang dengan lapisan daging tipis meliputi zat besi, vitamin A dan K, asam lemak, selenium, zinc, mangan, dan kolagen. Nutrisi ini mungkin diperoleh dari makanan lain tapi ada klaim mengonsumsi sup tulang akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Manfaat sup tulang untuk persendian didasarkan pada kandungan gelatin pada sup yang akan diurai menjadi kolagen di dalam tubuh. Kolagen mempermudah pergerakan sendi dan menurunkan risiko radang sendi. Bahkan sebuah studi pada tahun 2016 yang dimuat di Nutrition Journalled menunjukkan efek kolagen tipe 2 pada orang yang memiliki gejala osteoarthritis di lutut mereka. Kolagen ini dapat dijumpai pada jaringan ikat ayam.

Sementara manfaat sup tulang untuk pencernaan dikaitkan dengan kandungan asam amino gulutamin yang berguna mengatasi masalah usus. Penelitian tahun 2017 di Jurnal Nutrientssays menemukan bahwa orang yang mengalami radang usus cenderung memiliki kadar asam amino yang lebih rendah dalam tubuhnya. Dengan memasukkan asam amino tambahan ke dalam makanan mereka ternyata mampu mengatasi gejala yang ditimbulkan.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323903#summary

The Truth About Collagen for Joints (3 Key Takeaways)

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Waspada Stroke, Anak Muda Perlu Lebih Peduli Kesehatan

Sebuah studi terbaru melaporkan 4 orang di atas 25 tahun akan mengalami stroke. Artikel ini didasarkan pada studi terbaru di…

Selengkapnya

New Normal, Pemkot Bogor Bolehkan Ibadah Asal dengan Protokol Kesehatan

Kota Bogor menjadi salah satu daerah yang sudah mulai menyesuaikan dengan praktik new normal untuk beberapa kegiatan termasuk kegiatan ibadah.…

Selengkapnya

Waspadai Gejala dan Siklus Penularan Malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit. Ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk. Di Papua, Papua Barat dan Nusa…

Selengkapnya
Arrow-up