COVID-19 di RI

(data per 21 September 2020)
248852
Positif
180797
Sembuh
9677
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Penyebab Batu Ginjal yang Kerap Diabaikan

Hellofit

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring darah dari zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Glukosa, asam amino, garam dan mineral yang terkandung di dalam darah adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ginjal akan mengatur berapa banyak zat yang akan diedarkan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan seberapa banyak sisanya yang akan dibuang bersama dengan urine.

Seperti dikutip Kompas.com, ginjal normal akan memproduksi urine yang berisi zat sampingan hasil dari metabolisme tubuh, air, dan garam. Urine yang mengangkut limbah dari tubuh itu dialirkan ke kandung kemih dengan bantuan ureter.

Selanjutnya, urine tersebut dikirim uretra untuk dikeluarkan saat kencing. Sinyal yang dikirim otak membuat otot berkontraksi hingga timbul keinginan untuk kencing. Nah, penyakit batu ginjal yang dalam istilah kedokteran disebut nefrolitiasis terjadi ketika kristal batu terbentuk dan menyumbat saluran ureter. Zat kalsium, oksalat, dan fosfat menyebabkan timbulnya endapan batu ini.

Penyebab

Endapan pada ginjal atau batu ginjal bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kurang minum, konsumsi garam dan mineral yang berlebihan, kuantitas serta jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Batu ginjal juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk sering menahan buang air kecil. Pada prinsipnya endapan ini bisa terjadi karena garam dan mineral yang berada di ginjal tidak segera dibuang bersama dengan urin.

Oleh karena itu, batu ginjal masih bisa dikeluarkan seiring dengan keluarnya urin. Namun jika batu ginjal terlalu besar akan kesulitan melewati ureter, kantung kemih dan uretra. Inilah yang membuat seorang penderita batu ginjal mengalami rasa sakit pada saat buang air kecil atau merasa buang air kecilnya tidak tuntas.

Gejala

Pada umumnya penderita batu ginjal akan merasakan gejala sulit buang air kecil dan mengalami rasa sakit selama proses buang air kecil. Keinginan buang air kecil datang berkali-kali namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Urine yang dikeluarkan pun tersendat atau tidak tuntas sehingga kerap kali membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan buang air kecil.

Rasa nyeri bisa semakin terasa tajam, warna urin mulai berubah menjadi merah muda atau coklat, mual, muntah, demam dan merasa kedinginan. Namun beberapa dari gejala ini juga mirip dengan gejala gangguan prostat sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut sebelum membuat kesimpulan.

Pencegahan

Penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan berbagai cara salah satunya dengan konsumsi air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan menunda minum ketika sudah haus. Selain itu hindari menahan buang air kecil walaupun sebentar karena sering kali ketika ditahan keinginan untuk buang air kecil bisa hilang sesaat padahal limbah dan urin sudah siap untuk dibuang. Malas bergerak juga bisa menunda keinginan untuk buang air kecil jadi sebisa mungkin hindari gaya hidup sedentari.

Penanganan

Orang dengan batu ginjal dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi banyak air putih. Hal ini untuk mempermudah peluruhan batu ginjal dan mengeluarkannya bersama dengan urine. Selama proses penanganan, orang dengan batu ginjal harus disiplin mengurangi konsumsi garam dan mineral.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter dan menjelaskan gejala yang dialami untuk mendapatkan saran yang tepat dalam penanganan penyakit ini. Penanganan medis menjadi sangat penting ketika rasa sakit sudah tidak tertahankan, mengakibatkan mual dan muntah, urin mengandung darah dan mengalami demam. Biasanya penanganan medis dilakukan dengan pemberian obat-obatan sampai dengan pembedahan yang bertujuan mengangkat endapan yang ada di dalam ginjal. (JFS/FS)

Referensi

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-stones/symptoms-causes/syc-20355755

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Masih Banyak yang Khawatir, Apakah Fogging Berbahaya Bagi Tubuh?

Selain Covid-19, demam berdarah menjadi penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai. Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 68 ribu kasus demam berdarah dengue…

Selengkapnya

Ketahui Jenis Katarak yang Pengaruhi Lansia

Katarak merupakan gangguan yang terjadi pada lensa mata yang menghambat cahaya masuk sehingga mata tidak dapat melihat dengan jelas. Jika…

Selengkapnya

Mengenal Garam Inggris dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Garam Epsom, atau lebih dikenal dengan garam inggris di Indonesia, adalah jenis garam yang banyak digunakan untuk mandi atau berendam.…

Selengkapnya
Arrow-up