COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Lebah atau Tawon

Hellofit

Sengatan lebah atau tawon dapat membuat Anda kesakitan dan membuat bagian kulit yang tersengat membengkak. Seorang peneliti telah membuat penelitian dengan menguji coba bagian tubuh yang paling menyakitkan jika terkena serangan lebah dan menemukan bahwa sengatan pada lubang hidung dan bibir bagian atas menjadi dua bagian tubuh yang paling menyakitkan ketika tersengat.

Baca Juga: Menilik Potensi King of Spice, Lada untuk Kesehatan

Selain rasa sakit, sengatan lebah atau tawon sebenarnya jarang mengakibatkan masalah yang serius. Namun bagi sebagian kecil orang yang alergi dengan sengat lebah atau tawon, perlu segera mendapat pertolongan medis. Orang yang tersengat tawon atau lebah dalam jumlah banyak seperti kejadian di beberapa daerah di Indonesia beberapa waktu lalu juga dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Lantas, apa yang bisa dilakukan jika terkena sengatan lebah atau tawon? Meskipun mirip kedua serangga ini menyengat dengan cara yang berbeda. Lebah memiliki sengat yang tajam dan bergerigi pada ekornya. Ketika menyengat, racun dan ekornya akan tertinggal pada kulit yang tersengat dan sesaat kemudian lebah akan mati karena kehilangan alat pencernaannya. Itu sebabnya anda perlu segera membersihkan sengat yang tertancap pada kulit sebelum melakukan tindakan pertolongan lanjutan.

Sementara sengat tawon tidak bergerigi dan tidak memiliki pengait sehingga memungkinkannya untuk menyengat beberapa kali. Tawon juga cenderung lebih agresif dibandingkan dengan lebah. Barangkali inilah yang membuat orang yang tersengat tawon jauh lebih mungkin mengalami masalah serius dari pada sengatan lebah. Beberapa waktu lalu, kita dihebohkan dengan serangan tawon Vespa Affinis yang mematikan.  

Setelah membersihkan sengat atau ekor lebah yang menempel pada kulit, anda juga dapat membersihkan kulit yang tersengat dengan sabun dan air mengalir. Gunakan es yang dibungkus di dalam kain untuk mengurangi rasa sakit setelah tersengat lebah atau tawon. Ini dapat dilakukan setiap saat ketika rasa sakitnya kembali terasa.

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pereda rasa nyeri dan mengurangi bengkak. Dokter juga mungkin memberikan resep krim untuk meringankan gatal dan pembengkakan. Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas chat di aplikasi Hellofit dan berkonsultasilah dengan dokter-dokter yang tersedia untuk memperoleh saran-saran terbaik pertolongan pertama saat tersengat tawon atau lebah.   

Jika Anda memiliki reaksi alergi pada saat tersengat tawon atau lebah sebaiknya jangan menunggu untuk mengunjungi fasilitas kesehatan. Apalagi sebelumnya anda sudah pernah tersengat dan mengalami efek alergi yang parah. Mengapa? Sebab reaksi alergi yang diakibatkan oleh sengatan lebah atau tawon juga dapat berubah dari yang ringan menjadi masalah serius.

Beberapa efek alergi yang mungkin terjadi dimulai dari ruam di seluruh tubuh, gangguan pernapasan ringan, tekanan darah rendah, hingga berujung pada masalah pernapasan serius yang bisa mengakibatkan kematian. Kondisi alergi parah ini dikenal dengan sebutan anafilaksis.  

Jika anda mengalami anafilaksis, tenaga kesehatan mungkin akan segera memberikan suntikan antihistamin, steroid dan epinefrin. Anda juga mungkin dipasang alat bantu pernapasan untuk mempermudah anda bernapas. Proses pemulihan pun mungkin membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Ini juga berlaku bagi orang yang mengalami sengatan tawon atau lebah dalam jumlah yang banyak.

Bagaimana agar lebah atau tawon tidak menyengat anda?

Sebagian besar lebah dan tawon akan menyengat ketika merasa terancam. Oleh karena itu, menghindarlah jika anda menemukan sarang lebah atau tawon di sekitar lingkungan anda. Anda juga dapat menghubungi layanan pembasmi hama dan serangga untuk menyingkirkan sarang tawon atau lebah yang membuat anda khawatir. Anda juga perlu mengenakan pakaian tertutup jika terpaksa menjelajah alam yang memungkinkan anda menjumpai sarang tawon atau lebah.

Selain itu, suara keras dan bau yang menyengat juga mungkin menarik perhatian lebah atau tawon dan membuat mereka lebih agresif. Namun sebagian jenis tawon memang lebih agresif dari lebah. Mereka mungkin menyerang anda tanpa mengganggu sarangnya. Jika anda mengunjungi daerah yang dikenal banyak sarang lebah atau tawon, hindarilah menggunakan parfum yang menyengat dan penggunaan benda-benda yang bersuara keras agar tidak menarik perhatian tawon atau lebah.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.webmd.com/first-aid/bee-and-wasp-stings-treatment#2

https://www.medicalnewstoday.com/articles/297999

https://www.medicinenet.com/bee_and_wasp_sting/article.htm

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

New Normal, Pemkot Bogor Bolehkan Ibadah Asal dengan Protokol Kesehatan

Kota Bogor menjadi salah satu daerah yang sudah mulai menyesuaikan dengan praktik new normal untuk beberapa kegiatan termasuk kegiatan ibadah.…

Selengkapnya

CEO Twitter Niat Beri Seluruh Kekayaan, Berikut Manfaat Berbagi bagi Kesehatan

Ada yang menarik dari pandangan CEO Twitter Jack Dorsey yang disampaikannya dalam podcast bersama Andrew, seorang calon Presiden AS dari…

Selengkapnya

Pentingnya Jaga Jarak Kehamilan untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Baru melahirkan anak pertama tapi Sobatfit mau rencana nambah anak lagi? Aman nggak ya untuk kesehatan ibu dan bayi? Ini…

Selengkapnya
Arrow-up