COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Selain Mengatasi Hipertensi, Ini Manfaat Lain Daun Peterseli

Hellofit

Daun peterseli atau lebih dikenal dengan parsley atau daun ketumbar mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran yang satu keluarga dengan seledri ini pun merupakan penambah aroma dan cita rasa yang sering dimasukkan ke dalam sup. Memang seperti ada yang kurang jika Sobatfit tak memasukkan daun ini pada masakan.

Baca Juga: Benarkah Echinacea Ampuh Melawan Covid-19?

Nah, barangkali ini tergolong asing di Indonesia tapi tahukah kamu bahwa selain sebagai pemberi aroma dan cita rasa, peterseli juga sering diramu menjadi obat. Ramuan ini dijadikan minuman untuk mengatasi hipertensi, infeksi kandung kemih, batu ginjal, diabetes, asma dan batuk. Ada juga yang mengoleskannya ke wajah untuk mengatasi kulit pecah-pecah dan memar. Ini juga dioleskan ke tumor dan gigitan serangga. Bahkan digunakan sebagai penumbuh rambut.

Manfaat piterseli untuk kesehatan?

Daun peterseli memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Daun ini menjadi sumber yang baik bagi pemenuhan vitamin A, C dan K. Daun peterseli juga mengandung flavonoid dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan.

Studi telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat menurunkan risiko kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Manfaat untuk mengatasi penyakit jantung ini juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin B Folat yang mampu menurunkan kadar asam amino homocysteine. Asam amino ini telah mempengaruhi fungsi arteri dan memicu penyakit jantung.

Kecukupan vitamin C juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker. Ternyata, daun peterseli juga merupakan sumber vitamin C yang baik selain jeruk. Sementara karotenoid berperan mengurangi potensi kanker paru-paru dan sangat baik untuk kesehatan mata. Fungsi ini juga didukung oleh kandungan vitamin A yang membantu menjaga kesehatan kornea mata.

Daun sup juga baik untuk kesehatan tulang dan dapat menambah kepadatan tulang. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin K. Ekstrak daun peterseli juga telah diteliti keampuhannya dalam mencegah pertumbuhan bakteri khususnya Listeria dan Salmonella yang memicu keracunan

Amankah untuk ibu hamil dan menyusui?

Konsumsi daun sup untuk penyedap rasa dan pemberi aroma makanan tidak masalah bagi ibu hamil dan menyusui. Namun jika mengonsumsinya dalam kadar yang lebih banyak terutama untuk obat, penggunaannya tidak diperkenankan bagi ibu hamil karena daun sup telah digunakan untuk aborsi dan memulai aliran menstruasi. Jika ini dikonsumsi pada 3 bulan kehamilan berisiko menyebabkan bayi cacat lahir.  

Apakah ada efek samping mengonsumsi daun peterseli?

Selain memberikan manfaat, ternyata konsumsi peterseli dalam jumlah besar juga perlu mempertimbangkan efek samping yang mungkin diakibatkannya. Dengan demikian kita dapat mencegah konsumsi daun peterseli ini pada kondisi medis tertentu. Secara teori, daun peterseli dapat memperlambat pembekuan darah sehingga dikhawatirkan mengakibatkan gangguan pendarahan.

Konsumsi peterseli pada penderita diabetes juga perlu hati-hati karena daun ini berkontribusi menurunkan kadar gula darah. Anda perlu mengantisipasi kejadian kadar gula rendah ketika mengonsumsinya sebagai obat.

Konsumsi peterseli untuk penderita penyakit ginjal juga tidak diperkenankan karena adanya zat kimia yang dapat memperburuk penyakit ginjal. Jika akan melakukan operasi dalam waktu dekat sebaiknya hindari mengonsumsi daun peterseli 2 minggu sebelumnya karena dapat mengganggu kontrol gula darah pada saat pembedahan.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/parsley-benefits

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-792/parsley

https://www.medicalnewstoday.com/articles/284490

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Manfaat Lidah Buaya

Sebagian besar masyarakat mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang berguna untuk kesehatan rambut, akan tetapi manfaat lidah buaya sesungguhnya tidak…

Selengkapnya

Hidup Sehat dengan Memenuhi Konsep Gizi Seimbang

Sampai hari ini masih banyak yang salah paham bahwa memenuhi gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.…

Selengkapnya
Ariel Tatum. Foto: Instagram @arieltatum

Kata Ariel Tatum tentang Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Dalam unggahan cerita instagramnya pada Selasa, (19/5/2020), Ariel Tatum bercerita tentang kampanye yang sudah dilakukanya sejak Oktober 2019 untuk mematahkan…

Selengkapnya
Arrow-up