COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Selain Serat, Ini Nutrisi Penting Labu Siam untuk Kesehatan

Hellofit

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang paling mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kata Siam diambil dari sebutan lain negara Thailand di masa lalu. Pasalnya pada masa penjajahan, Belandalah yang membawa labu ini dari Siam ke Indonesia.

Baca Juga: Selalu Dianjurkan, Apa Saja Gaya Hidup Sehat Itu?

Banyak orang mengatakan konsumsi labu siam merupakan pantangan bagi penderita penyakit seperti asam urat, diabetes dan radang sendi. Padahal pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Untuk itu kita akan melihat kandungan dan manfaat labu siam bagi kesehatan.

Labu siam menyimpan banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat mengonsumsi sayur labu, anda akan memperoleh kalori, protein, karbohidrat, serat, gula, folat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, flavonoid, mangan, zinc, kalium, magnesium dan niacin.

Kandungan vitamin C, flavonoid dan zinc sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah anda dari serangan berbagai penyakit. Anda juga membutuhkan vitamin K untuk kesehatan tulang dan vitamin B6 berguna untuk kesehatan otak dan jantung. Sementara kalium bermanfaat menjaga fungsi otot dan syaraf terutama yang mengendalikan jantung.

Sama dengan banyak sayuran dan buah-buahan, labu siam juga mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan karena menormalkan pergerakan usus. Ini juga dapat mencegah terjadinya kanker kolorektal yang menyerang usus besar. Serat ini juga sangat baik dalam menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah.

Sehingga konsumsi labu siam pada dasarnya aman bagi penderita diabetes bahkan mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Memenuhi kebutuhan serat juga dapat membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal tapi tentu saja ini perlu didukung dengan pola hidup sehat lainnya.  

Labu siam juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Selain sebagai antioksidan, ternyata flavonoid juga berperan menurunkan asam urat bagi penderita hiperurisemia atau kadar asam urat tinggi yang abnormal. Manfaat ini memang baru diuji pada laboratorium oleh para peneliti dari Davao Medical School Foundation, Inc sehingga masih perlu penelitian lanjutan untuk mengujinya secara klinis pada manusia.

Selain itu, labu siam juga memiliki sifat antimikroba yang baik. Sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada Jurnal Microbial Ecology in Health and Disease telah menunjukkan peran labu siam sebagai antimikroba alami. Penelitian ini juga sekaligus mengindikasikan adanya potensi penggunaan klinis dari labu siam untuk menjadi antibiotik baru terutama dalam mengatasi bakteri-bakteri yang resisten terhadap antibiotik yang sudah ada.

Anda juga bisa mengonsumsi labu siam untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan manfaat ekstrak labu siam untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit hati berlemak. Konsumsi labu siam juga baik bagi ibu hamil karena mengandung folat yang bisa mencegah bayi lahir cacat dan baik untuk perkembangan otak dan syaraf janin.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983#:~:text=Studies%20also%20have%20shown%20that,help%20improve%20blood%20sugar%20levels.http://pchrd.dost.gov.ph/index.php/r-d-updates/3194-sayote-lowers-uric-acid-level-says-researchers#:~:text=Sayote%2C%20a%20vegetable%20boasting%20an,Davao%20Medical%20School%20Foundation%2C%20Inc.

http://pchrd.dost.gov.ph/index.php/r-d-updates/3194-sayote-lowers-uric-acid-level-says-researchers#:~:text=Sayote%2C%20a%20vegetable%20boasting%20an,Davao%20Medical%20School%20Foundation%2C%20Inc.

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

kencing nanah - penyakit seksual - Hellofit - aplikasi konsultasi dokter online

Sering Mendengkur, Waspada Gejala Sleep Apnea

Banyak orang yang menganggap mendengkur saat tidur adalah hal yang wajar dan seringkali dikaitkan dengan tidur nyeyak karena lelah beraktivitas…

Selengkapnya

10 Tips Sebelum Melakukan Penerbangan di Masa Pandemi COVID-19

Pembukaan kembali penerbangan domestik menimbulkan kekhawatiran baru terhadap ancaman penyebaran Covid-19. Apalagi baru-baru ini viral di media sosial penumpukan penumpang…

Selengkapnya

Miopia (Rabun Jauh)

Rabun jauh atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut miopia merupakan salah satu penyakit mata yang paling sering ditemui. Bahkan kita…

Selengkapnya
Arrow-up