COVID-19 di RI

(data per 25 Oktober 2020)
389712
Positif
313764
Sembuh
13299
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Sering Lupa Taruh Barang? Ikuti 9 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

Hellofit

Menjadi pelupa adalah hal yang paling tidak menyenangkan apalagi jika usia masih terbilang muda. Mengurus keperluan diri sendiri karena belum berkeluarga tapi sudah sering pikun seperti orang tua. Padahal belum banyak tantangan yang dihadapi. Beban yang ditanggung pun belum seberat beban yang ditanggung para orangtua.

Baca Juga: Kasus Baru COVID-19 Masih Tinggi, Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Barangkali banyak dari antara Sobatfit yang kebingungan mengapa kebiasaan lupa juga sering terjadi pada kalangan anak muda? Bukankah ini seharusnya terjadi pada orang ketika sudah mulai tua? Padahal banyak faktor yang dapat menyebabkan lupa selain faktor usia yakni genetis, kondisi medis atau mungkin karena kesibukan dan memikirkan terlalu banyak hal sehingga tidak fokus dan lupa akan hal-hal tertentu.

Kebiasaan lupa menjadi sangat mengganggu ketika berurusan dengan kegiatan penting. Gagal presentasi karena tiba-tiba lupa akan ide yang ingin disampaikan. Lupa menghadiri pertemuan yang sudah dijadwalkan sebelumnya atau sekedar lupa membawa bahan dan peralatan yang seharusnya dibawa. Sebagian orang juga lupa di mana meletakkan kunci mobil dan kacamata atau lupa akan nama orang yang baru saja berkenalan.

Tidak semua masalah ingatan dapat diatasi namun ada beberapa kiat alami yang bisa dilakukan untuk mencegah penurunan kognitif dan membantu meningkatkan daya ingat. Berikut akan diuraikan 8 kiat penting yang dapat dilakukan setelah dirangkum dari beberapa sumber:

1.Melakukan Latihan otak

Latihan otak ternyata sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat. Pikiran juga perlu ditantang untuk menyelesaikan beberapa kasus masalah dan melatih mengingat pola yang sudah dilihat dan menggambarkannya secara detil.

Hal ini dinilai berhasil memicu peningkatan fungsi otak. Sebuah uji coba yang diterbitkan di jurnal PLoS One menemukan orang yang melakukan 15 menit kegiatan pelatihan otak dalam 5 hari seminggu terbukti alami peningkatan fungsi otak.  

Hal yang diterapkan pada penelitian tersebut adalah menjawab teka-teki silang, mengingat detil dan menghafal pola dengan maksud meningkatkan memori kerja, memori jangka pendek dan keterampilan memecahkan masalah. Barangkali Sobatfit juga dapat menirunya apalagi hanya dibutuhkan waktu 15 menit dalam sehari yang tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Melakukan latihan fisik

Latihan fisik juga sangat berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini disampaikan penulis penelitian dalam Journal of Exercise Rehabilitation, olahraga teratur dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan melindungi otak dari degenerasi.

Hasil studi tahun 2017 juga menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan fungsi memori pada orang dengan penyakit Alzheimer dini. Beberapa aktivitas yang juga dianjurkan seperti jalan cepat, berlari, mendaki, berenang bahkan menari.

3. Hindari makanan tinggi gula

Salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan mengurangi makanan yang tinggi gula. Barangkali banyak yang merasakan manfaat sesaat dari makanan manis terhadap kemampuan otak namun ternyata berdampak buruk secara jangka panjang terhadap daya ingat.

Penelitian dari 2017 pada model hewan mencatat bahwa diet tinggi minuman manis memiliki kaitan dengan penyakit Alzheimer. Para peneliti juga menemukan bahwa minum terlalu banyak minuman manis, termasuk jus buah, mungkin memiliki koneksi volume otak total yang lebih rendah, yang merupakan tanda awal penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, ada baiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman bergula tinggi untuk menjaga daya ingat agar tetap baik apalagi upaya ini juga akan berdampak baik dalam mencegah berbagai penyakit seperti misalnya diabetes.

4. Mengurangi makanan tinggi kalori

Selain mengurangi makanan tinggi gula, mengurangi tinggi kalori juga berdampak baik bagi peningkatan daya ingat. Sebuah studi pada tahun 2009 mengamati pembatasan kalori pada manusia dan hubungannya dengan daya ingat. Peserta perempuan dengan usia rata-rata 60,5 tahun mengurangi asupan kalori sebesar 30% dan ditemukan bahwa mereka memiliki peningkatan yang signifikan dalam skor memori verbal dan bahwa manfaatnya paling signifikan pada mereka yang bertahan dengan diet terbaik.

5. Meningkatkan asupan Kafein

Para penggemar kopi kerap merasakan manfaat kafein terhadap daya ingat dan kemampuan otak mereka. Alasan ini menjadi salah satu alasan untuk tetap menjalankan kebiasaan mengkonsumsi kopi. Dan ternyata asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi maupun teh ternyata memang bermanfaat untuk ingatan.

Para penulis sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa mengonsumsi kafein setelah tes memori meningkatkan kemampuan otak partisipan dalam menyimpan ingatan jangka panjang. Orang yang mengonsumsi 200 miligram kafein juga memiliki skor yang lebih baik pada tes daya ingat setelah 24 jam dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kafein. Studi lain di Frontiers in Psychology menemukan bahwa orang dewasa muda yang mengonsumsi kafein di pagi hari telah meningkatkan memori jangka pendek mereka.

6. Mengonsumsi cokelat hitam

Mengkonsumsi coklat hitam juga dapat membantu meningkatkan daya ingat. Hasil penelitian 2011 menunjukkan bahwa flavonoid kakao, yang merupakan senyawa aktif dalam cokelat, membantu meningkatkan fungsi otak. Orang-orang yang makan cokelat hitam memiliki kinerja tes memori spasial yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Para peneliti mencatat bahwa flavonoid kakao meningkatkan aliran darah ke otak.

7. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan berisiko menurunkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa merokok ganja dapat berdampak negatif terhadap hippocampus, pusat memori utama otak.

8. Makanan yang meningkatkan daya ingat

Salah satu struktur memori utama di otak yaitu hippocampus sangat mungkin dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dapat dipilih untuk meningkatkan daya ingat adalah protein tanpa lemak, lemak sehat seperti misalnya Omega-3 dan Omega-6. Makanan yang mengandung protein nabati juga sangat baik dalam meningkatkan daya ingat.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat berpengaruh bagi kesehatan otak. Selain itu, gangguan tidur juga sangat mengganggu kondisi emosi dan memicu penurunan kualitas hidup. Secara jangka panjang ini juga bisa berdampak pada berbagai penyakit berbahaya termasuk penyakit kardiovaskular.

Proses tidur sebenarnya diatur di hipotalamus yang mematikan sistem gairah untuk memungkinkan tidur. Namun pada orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia kehilangan neuron ini. Nah, gangguan tidur sangat mungkin terjadi karena konsumsi kafein dan minum alkohol. Selain itu pekerjaan yang mewajibkan sistem shift juga kerap memicunya. Paparan cahaya di malam hari, kehidupan yang penuh tekanan dan kekhawatiran akan memperparah kondisi ini.

Dengan mengetahui beberapa penyebab ini anda dapat mengatasi gangguan tidur dengan mengatasi akar masalahnya. Gangguan tidur menjadi masalah yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bantuan profesional medis diperlukan agar gangguan tidur tidak menyebabkan dampak jangka pendek maupun jangka panjang yang membahayakan jiwa.

Berikut panduan waktu tidur yang disarankan sesuai usia, dikutip Helpguide:

0–3 bulan 14–17 jam
4–12 bulan 12–16 jam
1–2 tahun 11–14 jam
3–5 tahun 10–13 jam
9–12 tahun 9–12 jam
13–18 tahun 8–10 jam
18–60 tahun sekitar 7 hours setiap malam
61–64 tahun 7–9 jam setiap malam
65 tahun keatas 7–8 jam setiap malam

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326068#brain-traininghttps://brainmd.com/blog/top-5-methods-for-improving-memory/

helpguide

Healthline

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

9 Fakta Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kecemasan

Bagi sebagian orang cemas dan khawatir dalam menjalani hidup adalah hal yang biasa. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini,…

Selengkapnya

Cara Memenuhi Nutrisi bagi Anak dengan Alergi Makanan

Pada masa tumbuh kembang, orangtua perlu memperhatikan pemenuhan gizi seimbang anak agar pertumbuhan dan perkembangannya maksimal. Namun bagaimana dengan anak…

Selengkapnya

Cara Mencegah Ambeien

Ambeien atau sering juga disebut dengan wasir dan haemorrhoids merupakan pembengkakan pembuluh darah di anus. Mengejan terlalu kuat saat buang…

Selengkapnya
Arrow-up