COVID-19 di RI

(data per 21 September 2020)
248852
Positif
180797
Sembuh
9677
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Sudah Coba Cara Alami Ini untuk Atasi Jerawat?

Hellofit

Banyak orang merasa sangat terganggu dengan kehadiran jerawat khususnya yang terjadi di wajah. Selain terasa sakit juga membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Jerawat tidak hanya terjadi pada masa pubertas, semua usia bisa mengalaminya. Ini juga tidak hanya terjadi pada wanita saja melainkan juga terjadi pada pria.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Demi memperoleh kulit bebas jerawat, kebanyakan dari mereka rela membeli skin care mahal dan mencoba berbagai produk yang mengklaim mampu mengatasi jerawat. Untuk mereka yang mengalami masalah jerawat yang tak kunjung sembuh biasanya akan mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi dan mengobatinya. Tarif yang dikeluarkan memang beragam tapi rata-rata mengakui bahwa biaya perawatan wajah dan mengobati jerawat tidaklah murah.

Sementara itu ada beragam cara alami yang sudah umum dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat. Tentu saja tidak semua cara efektif bagi semua orang. Apa yang berhasil pada orang lain belum tentu berhasil pada diri anda. Uji coba juga tidak dianjurkan pada anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Berkonsultasi dengan dokter adalah cara paling aman untuk dilakukan.

Penggunaan lidah buaya

Banyak orang menyarankan penggunaan gel lidah buaya untuk mengatasi jerawat. Keefektifan gel lidah buaya ditengarai karena sifatnya sebagai anti peradangan, antibakteri dan antioksidan. Namun penggunaan gel lidah buaya disarankan untuk jerawat ringan dan sedang. Ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah jerawat parah. Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan lidah buaya murni ke wajah yang mengalami jerawat di malam hari dan membersihkannya pada pagi hari.

Madu dan Kayu manis

Penelitian juga menunjukkan bahwa madu dan kulit manis memiliki sifat antimikroba sehingga banyak disarankan untuk mengatasi jerawat. Kayu manis juga mengandung astrigen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga wajah terlihat halus dan rata. Selain mengoleskan madu sebelum membersihkan wajah dengan sabun, ada yang menganjurkan pembuatan masker dari gabungan antara madu dan kulit manis. Bahkan ada juga yang mencampur lidah buaya, madu dan kayu manis secara bersamaan untuk dijadikan masker. Ini dinilai efektif sebagai pembersih kulit wajah.  

Hati-hati menggunakan lemon

Penelitian baru menunjukkan bahwa lemon memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Ekstraknya juga sering dimasukkan dalam produk perawatan kulit. Sementara penelitian yang menguji keefektifannya dalam mengatasi jerawat memang belum ada. Namun ada banyak yang mengaku berhasil mengatasi jerawat. Jika anda ingin mencobanya sebaiknya pertimbangkan dahulu. Anda perlu menghindari penggunaan lemon langsung pada kulit anda karena itu akan mengakibatkan efek kekeringan, pedas, gatal dan membuat kulit memerah. Konsultasilah dengan dokter untuk menggunakannya kecuali hanya ingin menikmati segelas jus lemon untuk dikonsumsi secara langsung.

Mengurangi makanan tinggi gula

Jerawat juga mungkin diatasi dengan melakukan diet rendah glikemik atau mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat. Makanan tinggi karbohidrat akan mempengaruhi kadar gula darah dan produksi insulin yang membuat hormon androgen aktif yakni hormon pemicu jerawat. Hormon ini mulai tampak pada masa pubertas. Itu sebabnyak jerawat hampir selalu muncul di masa pubertas. Nah mengontrol konsumsi makanan tinggi karbohidrat menjadi salah satu upaya dalam mengatasi masalah jerawat.

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A dan E

Peneliti baru menemukan bahwa orang yang mencukupi kebutuhan vitamin A dan E dapat mencegah terkena masalah jerawat parah. Memang vitamin A dan E memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Namun karena penelitian lebih dalam masih diperlukan sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang mengandung dua vitamin ini khususnya dari buah dan sayuran.

Jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah dengan penggunaan obat-obatan lain yang sedang anda gunakan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A dan E yang bisa anda coba adalah wortel, bayam, labu, mangga, semangka, papaya, jambu, biji bunga matahari, alpukat dan kiwi.

Mengurangi konsumsi cokelat

Sudah banyak yang mengaitkan antara konsumsi coklat dengan bertambahnya jerawat. Beberapa penelitian juga menunjukkan pengaruh konsumsi coklat dengan tumbuhnya jerawat baru atau memperparah jerawat yang sudah ada. Kakao mendorong sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi lebih agresif terhadap dua bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, jika anda memiliki masalah jerawat anda perlu mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi coklat harian anda.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne#uses-for-acne

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047

https://www.medicalnewstoday.com/articles/315877#research

https://www.medicalnewstoday.com/articles/107146#prevention_and_management_tips

https://www.medicalnewstoday.com/articles/lemon-for-acne#does-it-work

https://www.healthline.com/health/lemon-for-acne#application

https://www.healthline.com/health/does-chocolate-cause-acne#3

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Ilustrasi sakit jantung

Kiat Berolahraga bagi Penderita Penyakit Jantung

Seorang PNS Provinsi Bali dikabarkan ambruk dan meninggal dunia setelah berolah raga di kawasan Renon, Denpasar pada Jumat, (3/7). Berdasarkan…

Selengkapnya

8 Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif

Pemberian ASI Eksklusif diberikan pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan dengan tidak memberikan makanan atau minuman tambahan lain…

Selengkapnya

Pentingnya Jaga Jarak Kehamilan untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Baru melahirkan anak pertama tapi Sobatfit mau rencana nambah anak lagi? Aman nggak ya untuk kesehatan ibu dan bayi? Ini…

Selengkapnya
Arrow-up