COVID-19 di RI

(data per 25 Oktober 2020)
389712
Positif
313764
Sembuh
13299
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Dysania - Susah bangun tidur

Sulit Beranjak Dari Tempat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengidap Dysania!

Dr. Kezi'ah Wulan Tuerah

Siapa disini yang paling tidak suka bangun pagi? Ayo acungkan tangan..sama, saya juga begitu. Banyak alasan untuk tetap rebahan di tempat tidur pada pagi hari, baik karena udara dingin yang membuat suasana semakin enak untuk lanjut tidur di bawah selimut yang hangat, sampai alasan karena memang masih mengantuk habis bergadang dengan tugas malam sebelumnya. Saya yakin, beberapa Sobatfit pun begitu. Keinginan tersebut tidak menjadi masalah, yang penting tidak menghambat akitifitas kita seharihari. Namun apabila, keinginan untuk tetap di tempat tidur tidak bisa di lawan hingga mengganggu aktifitas, bisa jadi kamu mengidap dysania. Dysania belum resmi diakui sebagai suatu kondisi medis, namun apabila Sobatfit mengalami hal tersebut, bisa jadi ini menunjukkan adanya penyakit lain yang menjadi penyebab.

Mari kita simak terlebih dahulu apa yang di maksud dengan dysania. Menurut WebMD, kata ini mendeskripsikan suatu keadaan dimana sulit untuk beranjak dari tempat tidur hingga 1-2 jam setelah bangun. Padahal mata sudah terbuka lebar, namun sulit sekali untuk memulai beraktifitas sehingga mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan. Terkadang para penderita pun akan mengalami anxietas hanya memikirkan akan beranjak dari tempat tidur.

Dysania dapat menjadi tanda adanya penyakit lain yang mendasari.

  • Depresi: Depresi adalah kelainan mood yang menyebabkan kesedihan,kehilangan tenaga, dan kelelahan.
  • Chronic fatigue syndrome (CFS): Penderita CFS atau sindrom kelelahan kronis, akan merasakan episode kelelahan berlebihan untuk waktu yang lama dan tidak membaik dengan istirahat.
  • Fibromialgia: Kondisi ini menyebabkan nyeri meluas pada seluruh badan, masalah ingatan, perubahan mood yang signifikan, dan kelelahan berlebihan.
  • Sleep apnea: Dapat terjadi saat sesuatu mengganggu pernafasan saat sedang tidur, contohnya lidah sendiri pada orang obesitas. Hal ini akan menyebabkan kekurangan oksigen saat tidur, dan kemudian akan membuat rasa mengantuk berlebihan saat pagi hari.
  • Anemia: Saat kekurangan sel darah merah sehat dalam tubuh, distribusi oksigen akan berkurang, sehingga tenaga pun berkurang, dan akan menyebabkan kelelahan.
  • Penyakit tiroid: Apabila kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan jadi lamban.
  • Diabetes: Gula darah tinggi akan dapat menyedot tenaga dan menyebab kelemasan.
  • Penyakit jantung: Hampir semua penyakit jantung dapat menyebabkan lebih capek daripada biasanya.
  • Masalah tidur: Beberapa masalah tidur seperti insomnia dan narkolepsi dapat membuat seseorang jadi sulit untuk bangun pagi hari.
  • Efek samping obat: Beberapa macam obat dapat menyebabkan seseorang mengantuk dan kelelahan berlebihan. Contoh: obat antidepresan dan obat untuk penanganan pilek.

Dysania bukanlah penyakit. Ini hanyalah suatu gejala penting yang mungkin disebabkan oleh penyakit lain yang lebih serius, seperti yang sudah disebutkan di atas. Maka dari itu, untuk menanganinya, harus menemukan penyakit yang mendasari. Apapun penyebabnya, baiknya Sobatfit memiliki kebiasaan tidur yang benar mulai dari sekarang.

  • Buatlah jadwal tidur rutin. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Tidurlah secukupnya. Untuk kebanyakan orang dewasa, yang disarankan adalah 6-9 jam. Jangan kekurangan dan jangan juga kelebihan.
  • Kurangi tidur siang. Apabila tidur siang kelebihan maka akan sulit untuk tidur pada malam hari. Sebaiknya tidur siang tidak lebih dari 30 menit.
  • Olahraga secara rutin. Terakadang, malam hari, terlalu banyak energy yang belum tersalurkan. Itulah gunanya olahraga. Selain sehat, Anda dapat menyalurkan tenaga yang berjibun itu kepada hal yang positif. Namun, jangan olahraga terlalu dekat dengan jam tidur.
  • Buatlah suasana kamar yang nyaman untuk tidur. Relaksasi adalah kunci. Hal ini bisa di akali dengan interior yang memanjakan mata, bau-bau yang menenangkan dengan minyak esensial, ataupun suhu kamar yang adem sesuai selera.
  • Hindarilah mengkonsumsi minuman dengan cafein, alcohol dan nikotin.
  • Jauhilah gadget. Sebaiknya 30 menit sebelum tidur, sudah menghindari semua gadget.
  • Buatlah suatu rutinitas pagi. Carilah sesuatu yang dapat meningkatkan motivasi Anda untuk dapat bangun pagi dan memulai aktifitas segera. Contohnya bisa dengan segelas kopi, atau sarapan kesukaan Anda.

Jadi gimana Sobatfit? Apakah Anda memiliki kesulitan bangun pagi sehingga banyak aspek kehidupan Anda terganggu? Apakah kesulitan beranjak dari tempat tidur ini membuat anda jadi gelisah dan stress? Bila iya, bisa jadi Anda penderita dysania. Sebaiknya Anda segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Masih tidak yakin dengan gejala Anda? Tidak masalah, silahkan konsultasi online kepada dokter-dokter kece kami di aplikasi Hellofit!

Stay fit with Hellofit!

dr. Kezi’ah Wulan Tuerah

Baca juga artikel kesehatan lainnya: https://hellofit.id/category/kesehatan/

Referensi:

https://www.webmd.com/mental-health/what-is-dysania#1

https://www.bbc.co.uk/bbcthree/article/622c8a79-23cf-4887-a5d1-6ed4a81192bf

1 Comment

  1. Charmain Flener
    July 21, 2020

    This article is a source of inspiration for me, it helps me
    a lot in sleep problems. I also used this Rain Sounds https://youtu.be/uSxflHAxweE to fall asleep easily.
    Thanks, keep it up!

Leave a Reply

More great articles

Ingin Berhenti Merokok Demi Anak, Begini Tipsnya

Bila Anda ingat, akhir tahun 2019 lalu sempat viral ada seorang bayi meninggal karena asap rokok pada saat prosesi aqiqah.…

Selengkapnya

Mengenal Pneumonia, Gejala dan Pengobatannya

Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan infeksi dan radang pada paru-paru dengan disertai lendir yang berlebih. Penyakit ini bisa disebabkan oleh…

Selengkapnya

Beragam Cara Atasi Rambut Rontok

Rambut rontok memunculkan kekhawatiran tersendiri karena bisa mengganggu penampilan. Namun tahukah Sobatfit, kalau setiap orang akan mengalami kerontokan rambut untuk…

Selengkapnya
Arrow-up