COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus
Pepaya

Sumber Vitamin C

dr. Evelin Kwandang

Selama pandemi covid ini, kita harus menjaga tubuh tetap sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan sudah banyak tersedia dalam berbagai macam bentuk, salah satunya obat. 

Namun banyak dari kita yang justru takut, bagaimana jika dosisnya terlalu banyak, bagaimana jika malah sakit perut, bagaimana jika ginjal kita tidak kuat menyaring vitamin dalam dosis tinggi tersebut? 

Sesungguhnya, vitamin C juga banyak yang alami dan aman, yaitu dari buah-buahan. selama ini kita pasti akan langsung mengatakan kalau buah yang mengandung vitamin C hanya jeruk. Ternyata, tidak hanya jeruk saja yang kaya vitamin C. Banyak buah-buahan lain yang mengandung vitamin C. 

  1. Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per buahnya. Jadi untuk kebutuhan vitamin C yang tinggi, jambu biji jauh lebih baik dari jeruk. Selain itu jambu biji juga mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan dan tidak asam, sehingga aman untuk orang dengan riwayat maag.

2. Pepaya

Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk, dan selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, asam folat, vitamin B6, vitamin B2, vitamin B1, kalium, dan kalsium. Karena kandungannya yang banyak ini, pepaya juga menjadi salah satu alternatif yang baik untuk menggantikan jeruk. 

3. Kiwi

Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh. selain itu kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Jadi untuk yang tidak suka jeruk, sekarang jadi tau ya bahwa ada 3 pilihan buah lain dengan kandungan vitamin C yang bahkan lebih tinggi dari jeruk dan aman dikonsumsi sebagai pencegahan covid dan menjaga kekebalan tubuh. Stay healthy 

Klik untuk baca lebih banyak mengenai Makanan Anti Corona

Referensi: 

US Department of Agriculture

1 Comment

  1. Ignatius Laiman
    May 12, 2020

    Kata teman-teman bahwa cabai juga banyak kandungan vitamin C ya dok? Bener ga ya itu? Kalau pilek apakah dengan makan banyak cabai bisa cepet sembuh?

Leave a Reply

More great articles

Alasan Vaksin Demam Berdarah Ditangguhkan hingga Kini

Penemuan vaksin Covid-19 merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Sambil menunggu penemuan vaksin ini banyak negara masih tetap…

Selengkapnya

Muncul di Instagram UNICEF, Ini Pesan Nicholas Saputra Tentang Kesehatan Mental Anak

Organisasi PBB UNICEF mengunggah sebuah pesan video tentang kesehatan mental saat pandemi Covid-19 di akun instagramnya. Menariknya penyampai pesan ini…

Selengkapnya

Mengenal Gejala dan Penanganan Skoliosis

Barangkali anda pernah melihat bahkan mengalami sendiri tulang belakang yang melengkung yang membuat postur tubuh tidak tegap. Kondisi ini merupakan…

Selengkapnya
Arrow-up