COVID-19 di RI

(data per 24 November 2020)
506302
Positif
425313
Sembuh
16111
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Tidak Hanya Fisik, Mendaki Gunung Baik untuk Kesehatan Mental

Hellofit

Tahun 2017 silam, Badan Amal Kesehatan Mental Julian Housing mengadakan perjalanan puncak bersama 15 orang dengan masalah kesehatan mental yang bertahan lama ke Gunung Ben Nevis, Inggris setinggi  1.344 mdpl. Pendakian ini merupakan puncak dari proyek terapi berjalan sejauh 450 mil yang diselenggarakan selama enam bulan.

Baca Juga: Lebih Aman Mana? Cuci Tangan VS Pakai Sarung Tangan

Hasilnya lebih dari tiga perempat peserta mengaku memperoleh rasa pencapaian melalui tantangan tersebut dan kegiatan ini telah meningkatkan rasa percaya diri mereka. Semua peserta telah mengurangi obat penenang di malam hari, lima orang mengurangi obat-obatan psikiatrik dan tiga lainnya mengalami lebih sedikit halusinasi pendengaran.

Kejadian di atas sedang menunjukkan betapa berpengaruhnya wisata alam memberikan efek relaksasi terutama bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental. Memang banyak yang mengaitkan pendakian gunung dengan kesehatan mental. Selain yang telah disebutkan dapat meningkatkan rasa percaya diri, mendaki gunung dapat melatih ketangkasan mental, menambah pencapaian atau prestasi diri, dan sebagai penghilang stres.

Ini juga bisa mempertajam otak karena membutuhkannya untuk menyelesaikan masalah, konsentrasi dan fokus mental. Pendakian juga memberikan anda waktu khusus untuk melepaskan diri dari kekhawatiran-kekhawatiran. Pemandangan yang indah baik selama di jalur pendakian hingga sampai pada puncak juga mampu menenangkan pikiran. Anda juga akan lebih mampu berpikir dengan tenang dan lebih sehat karena menghirup udara yang lebih segar.

Sementara secara fisik, pendakian gunung tergolong dalam latihan kardio yang akan berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit jantung, mengontrol berat badan, memperbaiki tekanan darah dan kadar gula darah anda. Dengan perjalanan panjang dan membawa beban yang tentu perlu mengutamakan kehati-hatian akan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Ini juga memperkuat otot-otot anda dan meningkatkan keseimbangan.

Selama masa pandemi, berbagai tekanan datang silih berganti dan kepenatan pun mencuat karena sudah terlalu lama berdiam di dalam rumah. Banyak orang mulai rindu berwisata alam tapi kondisinya sekarang jauh berbeda. Kita tidak bisa seenaknya dan bebas melakukan wisata alam karena selain persiapan standar yang wajib disiapkan, kita juga perlu memahami dan menerapkan protokol kesehatan. Tentu ini tidak jadi masalah, karena pada prinsipnya mendaki gunung juga membutuhkan persiapan. Menerapkan protokol kesehatan pun pasti bisa.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang wajib diterapkan jika ingin mendaki gunung? Hal yang perlu anda tahu adalah pemerintah masih hanya membolehkan wisata alam termasuk pendakian gunung one day trip alias tidak diperkenankan menginap atau berkemah di puncak. Dengan waktu yang terbatas seperti ini, beberapa gunung yang tergolong tinggi tentu hanya memungkinkan pendakian trekking atau mendaki gunung tapi tak sampai puncak.

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan standar seperti wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas sebelum memulai pendakian. Anda juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, dan jaga jarak selama pendakian. Peraturan di tiap gunung mungkin akan berbeda-beda, oleh karena itu pastikan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya atau menghubungi kontak petugas.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/hiking-body-mind

https://travel.kompas.com/read/2020/06/29/210500427/mau-mendaki-gunung-simak-protokol-pendakian-new-normal-versi-fmi?page=all

https://jatim.suara.com/read/2020/06/29/121359/gunung-bromo-dibuka-kesehatan-pendaki-akan-diperiksa-ketat

https://tirto.id/jalur-pendakian-gunung-lawu-dibuka-lagi-disertai-protokol-kesehatan-fMin

https://www.theguardian.com/society/2007/aug/15/guardiansocietysupplement.socialcare1https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/hiking-body-mind

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Sejauh Mana Makanan Mempengaruhi Depresi?

Barangkali Sobatfit berpikir bahwa depresi mungkin terjadi karena kemampuan orang yang berbeda-beda dalam menghadapi dan mengelola tekanan. Mereka yang gagal…

Selengkapnya

Sarapan Tepat untuk Penderita Maag

Salah satu penyakit yang sudah umum terjadi adalah sakit maag. Biasanya orang mengatasi penyakit ini dengan beragam cara seperti menenangkan…

Selengkapnya

Mengenal Garam Inggris dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Garam Epsom, atau lebih dikenal dengan garam inggris di Indonesia, adalah jenis garam yang banyak digunakan untuk mandi atau berendam.…

Selengkapnya
Arrow-up