COVID-19 di RI

(data per 25 Oktober 2020)
389712
Positif
313764
Sembuh
13299
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Virgin Coconut Oil (VCO): Minyak Ajaib Multifungsi

dr. Dwi Rizki Fadhilah

Akhir-akhir ini penulis sering menjumpai masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) atau lebih kita kenal dengan minyak kelapa. Minyak kelapa ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kebutuhan rumah tangga dan bahkan banyak yang percaya minyak kelapa mempunyai fungsi yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Benarkah Echinacea Ampuh Melawan Covid-19?

Ada yang menyebutkan VCO dapat mempercepat penyembuhan luka, untuk menghilangkan nyeri, untuk anti oksidan, bahkan untuk penanganan demam. Banyak masyarakat Indonesia menyebutkan bahwa ini merupakan minyak ajaib dengan banyak kegunaan dan minim efek samping. Benarkah demikian? Berikut merupakan manfaat dari VCO berdasarkan penelitian yang sudah pernah dilakukan:

1.Pelembap Kulit

Secara tradisional, minyak kelapa digunakan untuk melembabkan dan menangani infeksi kulit.Minyak kelapa mempunyai efek emolien alami yang kuat. Mekanisme kerja emolien adalah mengisi bagian kulit yang kosong atau retak dengan zat lemak, sehingga kulit menjadi lebih lembab. Beberapa penelitian melaporkan bahwa terdapat efektivitas dari penggunaan VCO pada xerosis (kulit kering) ringan hingga sedang dan dermatitis atopi yang merupakan peradangan kulit kronik.

2. Anti peradangan pada kulit.

Menurut penelitian lainnya dalam penggunaan VCO terdapat efek anti peradangan pada kulit dengan cara menurunkan produksi dari molekul-molekul sel yang menimbulkan reaksi peradangan tersebut. Hal ini menyebabkan berkurangnya reaksi peradangan berupa kerusakan jaringan kulit atau reaksi hipersensitivitas kulit.

3. Perlindungan kulit

VCO meningkatkan produksi involukrin, filaggrin, dan aquaporin yang mana 3 komponen ini berada pada lapisan epidermis (lapisan paling luar kulit) dan memiliki peranan besar dalam fungsi sawar kulit yaitu melindungi kulit dari zat luar yang berbahaya bagi kulit, Salah satu fungsi sawar kulit adalah melindungi kulit terhadap radiasi sinar UV terutama UVB. Sinar UVB dapat diserap di kulit terutama di lapisan epidermis. Jumlah energi yang oleh UVB yang diserap kulit dapat mencapai ±30 %. Beberapa efek yang timbul akibat paparan sinar UV secara berlebihan adalah tanning dan kulit terbakar.

4. Mencegah Peningkatan Tekanan Darah

VCO memiliki komponen polyphenol, yang mana menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, polyphenol dapat menurunkan tekanan darah. Polyphenol dapat menstimulasi nitrit oksida yang yang mengurangi respon pembuluh darah untuk meningkatkan tekanan darah dengan cara vasodilatasi (pembesaran) pembuluh darah. Polyphenol juga dapat mencegah oksidasi LDL, yang mana LDL ini merupakan lemak jahat dalam tubuh kita.

5. Menurunkan berat badan

VCO dapat menurunkan berat badan dan perut buncit. Hal ini disebabkan karena ditemukannya MCFA (Medium Chain Fatty Acids) pada VCO. MCFA dapat meningkatkan pengeluaran energi dan memperkecil kemungkinan untuk menjadi simpanan lemak di tubuh. MCFA juga dapat membantu memperlambat pengosongan perut sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat menjelaskan bagaimana VCO dapat membantu dalam penurunan berat badan dan mencegah perut buncit.

6. Mengurangi efek yang timbul akibat kemoterapi pada pasien kanker

Menurut penelitian lain, pada 30 orang wanita pasien kanker payudara stadium 3 dan 4 yang sedang menjalani kemoterapi dapat terjadi perbaikan kualitas hidup setelah konsumsi VCO sebagai suplemen 1 minggu setelah siklus kemoterapinya. Hal ini karena berkurangnya gejala yang timbul setelah kemoterapi berupa lelah, sesak napas, sulit tidur dan penurunan nafsu makan.

Saat ini sudah tidak sulit untuk menemukan minyak kelapa. Eits! Tapi hati hati dalam penggunaannya ya! Tidak semua jenis minyak kelapa dapat kamu gunakan untuk kesehatan lho. Tetap harus hati-hati dalam memilih pengobatan yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter pribadi kamu untuk konsumsi VCO ini ya! Stay Healthy! Salam Sehat Hellofit!

dr. Dwi Rizki Fadhilah

Referensi :

Nurul-Iman, BS, Kamisah Y, Jaarin K, Qodriyah MS. 2012. Virgin Coconut Oil Prevent Blood Pressure Elevation and Improves Endothelial Functions in Rats Fed with Repeatedly Heated Palm Oil

Law, K.S et all. 2014. The Effects of Virgin Coconut Oil (VCO) as Supplementation on Quality of Life (QOL) among breast cancer patients

Varma, S.R et all. 2018. In Vitro Anti-Inflammatory and Skin Protective Properties of Virgin Coconut Oil

https://www.netmeds.com/health-library/post/virgin-coconut-oil-uses-nutrition-and-health-benefits

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau amoeba namun lebih sering disebabkan oleh bakter Shigela. Selain disebabkan oleh bakteri…

Selengkapnya

Manfaat Terapi Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Mental

Rumah perawatan Hythe View, salah satu panti jompo di Kent, Inggris telah mengganti hewan peliharaan yang tidak diperkenankan masuk panti…

Selengkapnya

Demam Berdarah: Gejala, Cara Mencegah dan Pengobatan

Dalam tiga bulan terakhir setidaknya terdapat 310 orang Indonesia meninggal karena demam berdarah. Hal ini didasarkan pada laporan Kemenkes dari…

Selengkapnya
Arrow-up