COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Waspada Penyakit Jantung, Ini 7 Gejala yang Mungkin Muncul

Hellofit

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit tidak menular yang paling mematikan. Badan Kesehatan Dunia (WHO), mencatat lebih dari 17 juta kasus kematian karena penyakit jantung dan masalah pembuluh darah.

Baca Juga: Nikmatnya Minum Kopi Menambah Berat Kerja Jantung

Penyakit ini tidak hanya mengancam orang tua melainkan mengancam semua usia tak terkecuali anak muda. Bahkan terlalu dekatnya penyakit jantung dengan kita, bukan hal yang aneh ketika mendengar orang di sekitar kita tiba-tiba meninggal karena penyakit ini. Bahkan ada beberapa public figure yang dikabarkan meninggal karena penyakit jantung.

Kendati termasuk penyakit berbahaya, penyakit ini tetap bisa dicegah dan lebih mudah diatasi jika mendapat penanganan dini sejak mengalami gejala. Ini semua bisa dilakukan jika kita dapat mengenali gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung. Lantas, apa sajakah gejala tersebut? Simak penjelasan berikut:   

Nyeri dada

Nyeri dada bisa merupakan pertanda sakit jantung. Anda mungkin merasa seperti ada yang menekan atau meremas di dada sebelah kiri anda. Nyeri dada juga dapat menyebar ke lengan, bahu, rahang atau punggung. Ini sering terjadi ketika Anda berolahraga namun juga bisa karena kondisi emosional baik perasaan tertekan maupun pada saat mengalami kegembiraan.

Rasa nyeri ini mungkin saja terjadi 3 menit bahkan lebih dan sulit untuk mencari solusi yang bisa menenangkannya. Nyeri dada juga bisa saja terjadi dalam waktu yang singkat namun rasanya sangat menyakitkan. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter jika merasakan gejala nyeri dada seperti ini.

Sesak napas

Sesak napas lebih sering juga merupakan gejala penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan tapi tidak menutup kemungkinan ini gejala penyakit jantung. Sebab jantung juga terlibat dalam proses pengangkutan oksigen ke jaringan.

Masalah pada jantung dapat mengakibatkan sesak napas. Oleh karena itu, jika anda merasakan sesak napas, selain masalah pada paru-paru anda juga perlu mengantisipasi masalah penyakit jantung.

Sakit pada perut bagian atas

Penderita penyakit jantung dapat merasakan sakit pada bagian perut seolah sedang mengalami sakit pencernaan. Tidak hanya merasakan sakit pada perut terutama bagian atas, penderita penyakit jantung juga mungkin mengalami mual hingga muntah.

Ini perlu membuat Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga atau termasuk yang berisiko agar waspada ketika mengalami sakit perut, mual hingga muntah. Apalagi anda merasa tidak ada makanan yang berpotensi menyebabkan gejala tersebut. Segeralah menghubungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Pusing dan hampir pingsan

Jika anda mengalami pusing, hampir pingsan atau bahkan pingsan padahal tidak sedang telat makan atau terpapar matahari yang terlalu terik sebaiknya anda perlu waspada.

Pasalnya, pusing hingga pingsan juga mungkin terjadi karena asupan darah dari jantung ke seluruh tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Itu artinya jantung anda tidak mampu memompa darah dengan baik sehingga mengakibatkan tekanan darah menurun dan memicu tubuh yang tidak stabil. Gejala ini akan semakin mengarah pada penyakit jantung apabila anda juga merasakan nyeri pada dada.

Detak jantung yang tidak teratur

Detak jantung adalah cara paling mudah untuk mendeteksi kemungkinan anda mengalami gangguan jantung. Detak jantung yang tidak teratur padahal tidak sedang melakukan aktivitas fisik, sedang gugup atau sedang bersemangat mengerjakan sesuatu adalah alarm bagi anda untuk mengecek kondisi jantung anda sesegera mungkin. Apalagi hal ini semakin sering terjadi atau juga terjadi pada saat anda tidur. Jangan tunda, hubungi dokter dan berkonsultasilah untuk memastikan penyebabnya.

Mudah lelah

Anda mungkin mudah lelah dibandingkan dengan rekan anda yang lain tapi itu mungkin saja terjadi karena jarang melakukan aktivitas fisik. Ketika anda mulai rajin berolahraga, anda merasakan kondisi yang berbeda. Mungkin juga anda merasa belakangan ini anda mudah lelah saat berolahraga atau mendaki gunung sementara sebelumnya anda jauh lebih bertenaga.

Hal ini juga sangat mungkin dipengaruhi oleh faktor usia, sudah terlalu lama tidak berolahraga, atau nutrisi yang tidak memadai. Namun jika anda mudah lelah hanya saat naik tangga, membawa belanjaan dari kendaraan ke dalam rumah, atau saat berjalan kurang dari 500 meter tampaknya anda perlu waspada. Apalagi jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan termasuk perubahan yang signifikan yang anda alami sebaiknya segeralah menanyakan penyebabnya kepada dokter.

Kaki atau pergelangan kaki mati rasa dan bengkak

Kaki yang sering terasa sakit, mati rasa, lemah, dingin atau bahkan membengkak adalah pertanda umum penyakit jantung. Kondisi ini dapat terjadi karena jantung tidak memompa darah dengan maksimal sampai ke kaki anda. Jantung yang tidak dapat memompa darah dengan cepat membuat darah tidak sepenuhnya sampai ke kaki dan biasanya akan kembali dan membuat pembuluh darah mengembung.

Jika dibiarkan akan sangat membahayakan jantung anda. Semoga saja dengan membaca tanda-tanda atau gejala ini, Sobatfit dapat semakin waspada ketika mengalaminya karena deteksi dini dan konsultasi pada dokter adalah pilihan bijak mengatasi setiap penyakit termasuk penyakit jantung.    

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118

https://www.webmd.com/pain-management/guide/whats-causing-my-chest-pain#1

https://www.mayoclinic.org/symptoms/shortness-of-breath/basics/causes/sym-20050890#:~:text=Most%20cases%20of%20shortness%20of,these%20processes%20affect%20your%20breathing.

https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/angina-chest-pain#:~:text=Angina%20(Chest%20Pain),neck%2C%20jaw%2C%20or%20back.

https://www.webmd.com/heart-disease/features/never-ignore-symptoms#1

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Manfaat susu

Sudahkah Kita Mengenal Susu? – Manfaat Susu

Apa saja Manfaat Susu? Susu telah dikonsumsi di seluruh dunia selama ribuan tahun. Susu merupakan salah satu minuman wajib dikonsumsi…

Selengkapnya

Apa Itu Anaplasmosis, yang Disebut Mirip Covid-19?

Anaplasmosis menjadi penyakit yang sedang dibicarakan karena gejalanya mirip dengan Covid-19. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Anaplasma phagocytophilum dan menyebar…

Selengkapnya

Sederet Manfaat Kurma yang Tak Pernah Kamu Duga

Kamu suka mengemil makanan manis, tapi takut gula darah melonjak? Mungkin kurma bisa jadi jawabannya. Buah yang identik selalu ada…

Selengkapnya
Arrow-up