COVID-19 di RI

(data per 19 Oktober 2020)
365240
Positif
289243
Sembuh
12617
Meninggal
Pencegahan Info Kasus

Waspadai Gejala Stroke yang Membuat Penderita Tak Sadarkan Diri di Kamar Mandi

Hellofit

Barangkali sudah sangat sering kita mendengar orang meninggal setelah terjatuh di kamar mandi.  Peristiwa nahas seperti ini juga kerap dihubungkan dengan penyakit stroke. Ada yang mengatakan penyakit serangan stroke lah yang membuat seseorang terjatuh di kamar mandi tapi ada juga yang mengatakan orang yang jatuh di kamar mandi dapat menyebabkan stroke.

Orang yang terjatuh di kamar mandi dan ditemukan tak sadarkan diri mungkin saja mengalami serangan stroke yang membuatnya tak sadarkan diri lalu terjatuh. Sementara orang yang tergelincir lalu terjatuh di kamar mandi mungkin akan mengalami cidera pada bagian tubuh yang terbentur atau mengalami pendarahan setelah mengalami benturan.   

Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah kejadian jatuh di kamar mandi? Pertama, anda perlu peduli pada kondisi kesehatan anda terutama jika mengalami gejala pusing, nyeri sendi, sering mendengkur saat tidur, kelelahan, mati rasa pada kaki dan napas pendek. Gejala-gejala tersebut membuat anda rentan terjatuh saat berada di kamar mandi.

Anda juga perlu rutin mengecek tekanan darah, kolesterol, dan gula darah karena penyakit seperti diabetes, gangguan irama jantung dan pernyakit kardiovaskular lainnya sangat berisiko mengakibatkan stroke. Kewaspadaan juga perlu dilakukan ketika memiliki riwayat keluarga yang mengalami stroke.

Jika anda pernah mengalami stroke ringan atau stroke iskemik tingkatkanlah kewaspadaan ketika akan ke kamar mandi. Menurut data Centers of Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, sebagian besar stroke atau sebanyak 87% adalah stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi ketika aliran darah melalui arteri yang memasok darah yang kaya oksigen ke otak menjadi tersumbat.

Penggunaan obat-obatan tertentu juga mungkin membuat anda kelelahan sehingga hati-hatilah menggunakan obat tanpa resep dokter. Dokter akan memberikan peringatan mengenai efek samping obat yang anda gunakan dan bagi anda yang tinggal sendiri, dokter mungkin meminta anda mengurangi obat yang membuat anda lelah dan memengaruhi pemikiran anda. Konsultasi dengan dokter juga penting sekali bagi anda yang pernah mengalami jatuh sebelumnya.

Anda juga perlu rajin melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan anda. Anda dapat membiasakan diri berjalan kaki, melakukan olahraga tai chi, menari dan gerakan yang lambat untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan fleksibilitas.

Namun selain hal-hal tersebut, anda juga perlu memastikan bahwa kamar mandi menjadi tempat yang aman dan minim risiko untuk terjatuh. Caranya adalah dengan rutin membersihkan lantai kamar mandi agar tidak licin. Bahkan CDC Amerika Serikat menganjurkan pemasangan strip anti licin di kamar mandi untuk mencegah kejadian jatuh di kamar mandi.

Sementara bagi keluarga yang memiliki orang tua yang rentan terjatuh karena mengalami kelemahan otot atau masalah kesehatan lainnya, anda dapat mempertimbangkan pemasangan pegangan di dekat bak mandi, dekat shower atau toilet. Anda juga wajib mempertimbangkan penggunaan toilet duduk dibanding toilet jongkok demi mengurangi risiko orang tua terjatuh.

(JFS/FS)

Referensi:

https://www.cdc.gov/stroke/types_of_stroke.htm

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stroke/symptoms-causes/syc-20350113https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/fall-prevention/art-20047358

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/fall-prevention/art-20047358

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3955337/kaitan-stroke-dan-jatuh-di-kamar-mandihttps://health.detik.com/ulasan-khas/d-1957119/stroke-dan-serangan-di-kamar-mandi

https://health.detik.com/ulasan-khas/d-1957119/stroke-dan-serangan-di-kamar-mandi

0 Comments

Leave a Reply

More great articles

Jangan Anggap Sepele, Olahraga Berlebih Itu Berbahaya

Meluangkan waktu untuk berolah raga memang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan jantung, mengurangi stres dan menghasilkan postur tubuh yang…

Selengkapnya

Nikmatnya Minum Kopi Menambah Berat Kerja Jantung

Kopi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari masyarakat indonesia, bahkan istilah menyebutkan "Orang Indonesia, Nggak 'Ngopi' Nggak Asik". Kopi…

Selengkapnya

Ancaman Polusi Udara Setelah Pelonggaran PSBB

Masalah pencemaran udara di Jakarta memang sudah tidak terbantahkan. Belum lama, Jakarta heboh karena kualitas udaranya diklaim paling buruk sedunia.…

Selengkapnya
Arrow-up